Percuma Di Juluki “KALWEDO” Musnah Sopi Di Negeri Sendiri

AMBON,PELAGANDONG.COM : Percuma Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) di juluki “KALWEDO” musnah Sopi di Negeri sendiri yang di lakukan langsung oleh Bupati Benyamin T Noach dan Ketua DPRD yang notabenenya sebagai anak asli Daerah MBD, E.M Petrusz,hal ini diungkapkan Mantan Bupati MBD Barnabas.N Orno kepada sejumblah wartawan di Kantor Gubrnur Maluku ,Rabu (10/07/2019).

Orno menjelaskan pada waktu melihat di media sosial (Medsos) dirinya sangat sedih sampai menangis melihat pemusnahan sopi usai pelaksanaan Upacara HUT Bhayangkara ke 73 di MBD.

“Saya tadi melihatnya di medsos, dan bagi saya kalau aparat penegak hukum melakukan hal itu biasa atau sopi itu kalau tumpah di luar MBD itu tidak apa – apa, tetapi kalau itu dilakukan di tanah leluhur sendiri dan disaksikan oleh Bupati dan Ketua DPRD bahkan ikut menumpahkan hasil keringat dari masyarakatnya sendiri bagi saya itu sangat disayangkan.

Menurutnya apabila seorang penegak hukum yang menumpahkan sopi itu biasa tetapi apabila seorang Bupati dan Ketua DPR yang merupakan anak asli daerah MBD yang besar dari sopi bisa teganya melakukan pemusnahan sopi. Padahal kedua orang tersebut juga minum sopi
“Sayang sekali, padahal Pa Bupati dan ketua DPRD mereka berdua minum sopi dan saya dIsana juga minum sopi dari mereka,”

Menurut Wakil Gubernur Maluku kalau berbicara sebagai anak MBD dari sisi moral, selama dirinya menjadi Bupati MBD kurang lebih 8 tahun tidak pernah melakukan pemusnahan Sopi, karena dirinya melihat kalau sopi merupakan minuman yang dipergunakan pada pelaksanaan adat di MBD.

” Saya minta maaf buat Bupati dan Ketua DPRD MBD Karena dari sisi moral dari hati nurani, saya sebagai anak kandung MBD saya tidak menerima itu, karena itu sangat tidak manusiawi. Sebab hal itu bagaikan ibu kandung kita meskipun salah tetapi kita tidak boleh obrak abrik ” pungkasnya (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *