MBD Siap Jadi Daerah Otonom Baru

AMBON,PELAGANDONG.COM :Sudah ada dukungan dan persetujuan dari seluruh Camat dan Kepala Desa maupun raja yang ada di Kabupaten Maluku Barat Daya  (MBD) ini sebagai bukti Kabupaten MBD siap menjadi Daerah Otonom Baru (DOB),hal ini diungkapkan Sekertadis Daerah (Sekda)  MBD Alfonsius Siamiloy kepada pelagandong.com di Ambon, (12/8/2019).

Siamiloy  mengatakan mengatakan Kabupaten MBD beraada di bagian selatan Maluku yang berbatasan langsung dengan Timor leste Kota Dili.

” satu daerah otonom baru  yang belum di mekarkan  dari bagian selatan Maluku itu ada di MBD yang berbatasan langsung dengan Timor Leste sehingga bisa menjadi sister city dan pasti akan berpengharu positif untuk merubah kondisi MBD”

Menurut Siamiloy MBD punya potensi antara lain Blok marsela ,Blok Moa selatan saat ini sudah selesai ekplorasi dan tinggal eksploitasi saja , selain itu MBD  juga telah di tetapkan sebagai Daerah pengeksport  ikan kerapuh .

Siamiloy menambahkan  saat ini Pemerintah Kabupaten MBD  telah mengusulkan pemekaran Tiga Kabupaten, yakni Kabupaten Babar Damer,Kabupaten Kepulauan terselatan dan Romang Kisar dan Wetar ,dengan adanya pengusulan  Tiga kabupaten ini maka kita berharap bisa mekar secara khusus  karena itukan ide dari mantan Bupati MBD yang kini menjadi Wakil Gubernur Maluku Barnabas N Orno.

” muda -mudahan kita bisa mekar cukup dengan Tiga kabupaten saja,kalo sudah dimekarkan maka saya yakin MBD bisa jadi Daerah Otonom Baru ” ujarnya.

Sekda mengakui segala administrasi dan surat pernyataan telah di tanda tangani oleh seluruh Camat dan Kades/Raja yang ada di Kabupaten MBD inj telah terbukti saat mendeklarasi  Provinsi Maluku Tenggara Raya pada beberapa tahun lalu di Lapangan Merdeka Ambon,ini merupakan langkah awal yang di ambil Kabupaten MBD lebih duluan dari Kabupaten/Kota lainnya, seperti Kepulauan Kepulauan Tanimbar, Kepulauan Aru, Kota Tual, dan Kabupaten Maluku Tenggara (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *