Peringati Harpenas 2019, Kementerian PUPR Gelar Jalan Sehat

AMBON, PELAGANDONG.COM : Dalam rangka memperingati Hari Perumahan Nasional (Harpenas) 2019 , ratusan pegawai Kementrian PUPR dan perwakilan asosiasi pengembang dan perbankan mengikuti Jalan Sehat di Jakarta.

“Sejuta rumah bisa..bisa..bisa,” ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat melepas start peserta Jalan Sehat Hapernas 2019 di Kementerian PUPR, Jakarta, Minggu (25/8/2019).

Sesuai dengan rilis yang di terima Komunikasi Publik Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR oleh media ini, tampak hadir dalam kegiatan tersebut sejumlah perwakilan asosiasi pengembang seperti Ketua Umum REI, Ketua Umum Himperra dan perwakilan perbankan. Para pejabat eselon I Kementerian PUPR dan para pegawai pun ikut serta dalam kegiatan ini.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan, Kementerian PUPR berterimakasih kepada para pengembang seperti Realestat Indonesia (REI), Himperra, Apersi dan perbankan BTN yang telah mendukung penuh penyelenggaraan kegiatan ini sehingga ada jalinan silaturahmi antar pemangku kepentingan bidang perumahan di Indonesia.

“Melalui kegiatan ini menjadikan kita tetap satu tim dalam mewujudkan Program Satu Juta Rumah untuk rakyat Indonesia. Terimakasih semoga kegiatan jalan sehat ini berjalan lancar dan hati-hati buat para peserta selama dalam perjalanan,” terangnya.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Khalawi Abdul Hamid menerangkan, capaian pembangunan rumah dari tahun ke tahun terus meningkat. Berdasakan data yang dimiliki Kementerian PUPR, pada tahun 2015 pembangunan rumah mencapai angka 699.770 unit rumah. Angka tersebut meningkat pada tahun 2016 sebanyak 805.169 unit rumah, 2017 sebanyak 904.758 unit rumah dan tahun 2018 capaiannya melonjak menjadi 1.132.621 unit rumah. Sedangkan per 5 Agustus 2019 lalu, pembangunan rumah untuk masyarakat sudah mencapai 735.547 unit rumah.

“Kami targetkan tahun 2019 ini pembangunan rumah di Indonesia bisa mencapai 1.250.000 unit rumah,” katanya.
Khalawi menambahkan, di bulan Agustus ini Kementerian PUPR juga memperingati Hari Perumahan nasional (Hapernas) yang diperingati setiap tanggal 25 Agustus. Tema yang diangkat dalam Peringatan Hapernas tahun 2019 ini adalah Wujudkan Perumahan Rakyat Berbasis Komunitas.

“Kami berharap dengan semangat Hapernas ini akan lebih banyak lagi rumah-rumah yang terbangun untuk komunitas masyarakat di Indonesia,” harapnya.

Dari data yang dimiliki Direktorat Jenderal penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, banyak sekali komunitas-komunitas masyarakat seperti petugas kebersihan, MBR, tukang bakso, tempe dan tahu, pengrajin rokok tembakau makanan dan minuman, guru honorer, nelayan, pegawai restoran, penarik bentor, porter, supir taksi, pedagang dan buruh kelapa yang telah mengajukan usulan bantuan perumahan dari pemerintah ini.
Komunitas masyarakat tersebut tersebar diberbagai provinsi di Indonesia seperti Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tengga Timur (NTT), Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Ketua Panitia Peringatan Hapernas 2019, Dadang Rukmana menerangkan dalam kegiatan tersebut, para peserta menempuh perjalanan sekitar enam sampai tujuh kilometer. Adapun rute yang ditempuh di mulai dari Gedung G Kementerian PUPR kemudian menyusuri Jalan Pattimura dan memasuki kawasan car free day (CFD) di Jalan Sudirman dan kembali ke Jalan Sisingamangaraja menggunakan moda transportasi massa MRT dari Stasiun Setia Budi Astra dan turun di Stasiun ASEAN.

Tahun ini, imbuh Dadang, rangkaian peringatan Hapernas diadakan mulai tanggal 5 sampai tanggal 28 Agustus 2019 dengan beberapa acara, yaitu Sarasehan dan Peluncuran Buku, Lomba Foto Perumahan, Konferensi Pers, Lomba Gateball, Ziarah Makam Bung Hatta dan Makam Mantan Menteri Negara Perumahan Rakyat Cosmas Batubara, Groundbreaking Bayangkara, Praja dan Sriwijaya Land di Palembang, Jalan Sehat, Pameran, Festival Kuliner, dan Talkshow di radio.

Kegiatan Sarasehan dan Peluncuran Buku Sejarah Perumahan serta Kamus Istilah Perumahan merupakan salah satu acara dalam rangkaian Hapernas yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 26 Agustus 2019. Kegiatan ini bermaksud untuk mendalami nilai-nilai sejarah sektor perumahan serta bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan mendapatkan masukan mengenai pelaksanaan pembangunan perumahan di Indonesia, terutama untuk kaum milenial.

Ketua Umum REI Soelaeman Soemawinata menerangkan, para pengembang yang tergabung dalam asosiasi REI siap mendukung pemerintah dalam pelaksanaan Program Satu Juta Rumah di Indonesia.

“Kami siap mendukung Program Satu Juta Rumah yang dilaksanakan oleh pemerintah di masa yang akan datang. Akan tetapi kami juga minta pemerintah untuk memperhatikan kuota rumah subsidi untuk masyarakat sehingga anggarannya tetap tersedia,” harapnya (PG-02).

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *