Lantamal IX Ambon Dampingi Rektor UNPATTI Tinjau Diklatsar Menwa Tahun 2022

AMBON,PG.COM : Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., mendampingi Rektor Universitas Pattimura (Unpatti) Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum., meninjau secara langsung kegiatan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 1 Unpatti Tahun 2022 di Dermaga Beaching Markas Komando Lantamal IX Halong, Baguala, Kota Ambon. Jumat, (18/02/2022)

Danlantamal IX Ambon mengucapkan selamat datang kepada Rektor Unpatti Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H., M.Hum., yang didampingi oleh Wakil Rektor III Unpatti Dr. Jusuf Madubun, M. Si., di Mako Lantamal IX, selanjutnya Danlantamal IX menyampaikan penjelasan situasi Lantamal IX.

“Tujuan kunjungan Rektor dan Wakil Rektor III Unpatti ke Lantamal IX adalah membangun kerjasama dalam berbagai bidang karena fokus utama dari Universitas Pattimura adalah aspek kelautan maka Universitas Pattimura harus senantiasa fokus dalam mengembangan aspek kelautan dan itu ada pada Lantamal IX Ambon”, ujar Rektor Unpatti.

Beliau juga menuturkan, Rencana peningkatan kerjasama dengan Lantamal IX adalah untuk mendukung pemerintah dalam usaha pengembangan di bidang kemaritiman, karena sebagian besar wilayah Maluku pada khususnya adalah laut. Hal ini selaras dengan arahan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono berkaitan program prioritasnya untuk membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) TNI Angkatan Laut yang unggul dan masyarakat maritim pada umumnya.

Komandan Lantamal IX menyambut antusias dengan kerjasama yang akan dijalin dengan Universitas Pattimura Ambon. Dengan harapan dapat memajukan dan mengembangkan aspek kelautan dan kemaritiman khususnya di wilayah Maluku.

Di sela-sela kunjungannya ke Lantamal IX Ambon, Rektor Unpatti itu juga meninjau secara langsung kegiatan peserta Diklatsar Resimen Mahasiswa (Menwa) Batalyon 1 Unpatti Ambon yang digembleng oleh para pelatih di Kawah Candradimuka Lantamal IX.

Salah satu materi di bidang maritim yaitu cara bertahan hidup di laut atau sea survival, renang laut, pertolongan korban di laut, resusitasi jantung paru (RJP) dan pengenalan selam dasar.
(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *