Musorprov ke-11 KONI Maluku Resmi Dibuka

AMBON,PG.COM : Pelaksanaan Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) ke-11 Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Maluku Tahun 2022, resmi dibuka oleh Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, di lantai 7 Kantor Gubernur Maluku, Selasa, (01/03/2022).

Acara pembukaan yang ditandai dengan pemukulan Tifa oleh Ketum KONI Pusat, didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail dan Ketum KONI Provinsi Maluku Tonny. D. Pariela, mengambil tema “Konsolidasi Komponen Olahraga Prestasi Maluku Dalam Rangka Meraih Prestasi pada PON XXI Aceh – Sumatera Utara”.

Dalam pidatonya, Ketua Umum KONI Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman berharap, kedepan Maluku tidak saja menjadi pusat pembinaan olahraga prestasi di Indonesia timur, tetapi juga melahirkan atlit-atlit berkelas dunia juga mampu menjadi destinasi wisata olahraga di Indonesia.

“orang datang ke Maluku untuk melakukan olahraga seperti selam, ski air dan sebagainya. Besar harapan saya sekali lagi, berikan dukungan kepada Ketua Umum KONI Maluku terpilih nanti setelah dihasilkan oleh Musorprov hari ini,” harapnya.

Hadir di kesempatan itu, Gubernur Maluku Murad Ismail menyampaikan tiga pesan penting. Pertama, pelaksanaan Musorprov merupakan amanat organisasi dalam rangka penataan dan pengembangan organisasi KONI Maluku ke depan.

“Saya berharap, momen ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh pengurus KONI, pengurus induk organisasi serta masyarakat pemerhati dan pecinta olahraga, dalam melakukan langkah konstruktif guna meningkatkan prestasi dan melahirkan atlet, pelatih dan wasit yang berkualitas nasional maupun internasional,”

Di pesan kedua, Gubernur menegaskan bila upaya peningkatan prestasi olahraga tidaklah dapat dilakukan melalui cara instan. Ia pun berharap, seluruh Pengurus Induk Cabang Olahraga dan Pengurus KONI untuk lebih inovatif, dalam rangka mencari sumber pendanaan yang diperlukan secara legal, baik melibatkan stakeholder maupun masyarakat Maluku.

“Saya pastikan, pemerintah daerah akan mendukung seluruh langkah dan upaya ke arah tersebut,” tegasnya.

Pesan ketiga, salah satu agenda strategis dalam Musorprov adalah pemilihan pengurus baru KONI Maluku periode 2022-2026. Mengenai hal ini, hal penting yang disampaikan Gubernur adalah siapapun yang dipercayakan sebagai nakhoda KONI Maluku ke depan, adalah sosok yang punya komitmen, kompetensi, kapabilitas serta dapat bersinergi dengan semua stakeholder pemangku kepentingan.

“Termasuk pemerintah pusat dan daerah, dalam meningkatkan prestasi olahraga di Maluku,” tutup Gubernur.

Turut hadir, Wakil Ketua Umum Bidang II KONI Pusat Bidang Organisasi Litbang dan Hukum Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, Wakil Ketua Bidang Media dan Humas KONI Pusat Tirto Prima Putra, Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Ketum KONI Maluku Tonny D. Pariella, para pengurus KONI Maluku, Rektir Unpatti Ambon M. J. Saptenno, sejumlah Bupati/Walikota dan perwakilan Forkopimda Maluku dan undangan lainnya.(*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *