Lantamal IX Dorong Capaian Vaksinasi Booster di Ambon

AMBON,PG.COM : Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX (Lantamal IX) Ambon kembali melaksanakan gelaran vaksinasi rutin bertempat di Rumah Sakit TNI AL (Rumkital) dr. F. X. Suhardjo komplek Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon. Rabu, (30/03/2022)

Gelaran vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan oleh Lantamal IX pada hari ini, merupakan upaya dan dukungan untuk meningkatkan herd immunity serta mendorong capaian vaksinasi booster warga Maluku yang masih terhitung rendah dibawah prosentase 7%.

Selain itu pemahaman masyarakat tentang vaksinasi lanjutan ini masih dinilai kurang, beberapa warga mengganggap setelah vaksin dosis pertama dan kedua dinilai sudah cukup untuk menangkal virus corona. Padahal imunitas masih perlu ditingkatkan guna menjaga daya tahan tubuh dari serangan Covid-19.

Komandan Lantamal IX (Danlantamal IX) Ambon Brigadir Jenderal TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyampaikan bahwa Lantamal IX Ambon akan terus melaksanakan vaksinasi baik booster maupun dosis pertama dan kedua, meskipun status Pandemi Covid-19 akan beralih ke era Endemi, dan status PPKM level 3 di wilayah Ambon turun ke level 2.

Vaksinasi yang dilaksanakan Lantamal IX dan jajarannya juga merupakan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono yakni, jadilah contoh dan teladan dalam mendukung upaya percepatan penanganan wabah Covid-19, serta cepat beradaptasi diri terhadap tatanan kehidupan normal baru di kalangan TNI AL.

Dengan menyiapkan vaksin jenis AstraZeneca dan Pfizer untuk dosis booster, Lantamal IX Ambon menerjunkan 7 tenaga medis dari Rumkital dr. F. X. Suhardjo. Selain itu juga, jenis vaksin Sinovac juga disediakan bagi masyarakat yang belum melaksanakan vaksin dosis primer lengkap.

Pada hari ini Posko Satgas Covid-19 kembali menyasar masyarakat umum dengan menargetkan 50 dosis peserta vaksin. Warga yang antri untuk mendapatkan vaksinasi virus corona itu dominan dari usia dewasa hingga lanjut usia, namun ada juga peserta dari anak-anak yang mengikuti suntikan dosis lengkap.

Hingga berakhirnya kegiatan, tim medis tetap menghimbau kepada peserta yang baru melaksanakan vaksin kedua agar tetap melanjutkan vaksinasi lanjutan sesuai jadwal yang sudah ditentukan, guna membentuk kekebalan komunal menuju pemulihan ekonomi nasional. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *