Jelajah Sepeda Nusantara Lintasi Kota Ambon

AMBON.PELAGANDONG.COM : Tim jelajah sepeda Nusantara tahun 2019, sebelumnya telah dilepas secara resmi oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Imam Nahrawi pada 22 Juli 2019 lalu di Merauke, dan selanjutnya menjelajah ke seluruh nusantara,termaksud Kota Ambon,hadir dalam rombongan tersebut Perwakilan Kemenpora, Agus Santoso.

Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Maluku, Brigjen Polisi, Teguh Sarwono di Jalan A.Y.Patty, Sabtu, (3/8/2019) melepas rombongan tersebut menyusuri Kota Ambon. Rute yang di lewati antara lain jalan A.Y.Patty, Batu Merah, Karang Panjang, Belakang Soya, Ponegoro, Batu Gantung, Air Salobar dan melewati wilayah semenanjung Nusaniwe dan akhirnya finis di Pantai Namalatu, Latuhalat.

Sebanyak 15  tim jelajah Sepeda Nusantara tahun 2019 di gagas Kemenpora, bersinergi dengan kementerian/lembaga negara, pemerintah setempat dan dinas terkait di provinsi dan kabupaten/kota,

Kegiatan ini bertujuan untuk menggelorahkan, mengajak, menggerakan dan memotivasi masyarakat untuk melakukan gaya hidup sehat melalui aktivitas olahraga, khususnya dengan bersepada.

Sambutan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, yang dibacakan Asisten III  Sekot Ambon, Romeo Soplanit menyampaikan, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan masyarakat Kota Ambon menyambut gembira, serta memberikan apresiasi yang tinggi atas pelaksanaan jelajah sepeda tahun 2019, dimana sebelunya, di tahun 2017 dan tahun 2018, Ambon juga dipercayakan untuk penyelenggaraan Gowes Pesona Nusantara.

“Selama 2 tahun berturut-turut terlihat antusiasme yang sangat besar dari masyarakat Kota Ambon terhadap kegiatan seperti ini. Kita semua optimis kepedulian dan animo masyarakat yang besar, menjadi modal yang berharga bagi sukses, hingga nantinya tim jelajah sepeda nusantara 2019 mencapai titik garis finis,” katanya.

Dirinya berharap , tim jelajah sepeda nusantara 2019, setelah dari Kota Ambon dan kembali ke kampung halaman masing-masing agar dapat menceritakan tentang Ambon kepada semua orang, baik tentang pesona alamnya, gunungnya, pantainya, keramatamahan masyarakatnya, maupun budaya dan kulinernya yang beragam

“Ceritakan juga bahwa Kota Ambon siap menjadi salah satu tujuan destinasi wisata di Indonesia tahun 2020,” ujar Louhenapessy.

Dikatakan, menjamurnya komunitas sepeda serta tingginya antusiasi generasi muda terhadap olahraga bersepeda, merupakan aset yang harus di kelola, dibina dan dikembangkan, sehingga mampu menumbuhkan prestasi yang diharapkan akhirnya, mampu mengangkat nama daerah, sebab tanpa adanya saluran yang positif dan kontruktif, maka tidak ada ruang bagi kemungkinan terjadi hal-hal negatif  yang tidak kita inginkan.

“dengan event seperti ini, spirit kebangsaan dan nilai-nilai sportifitas, kejujuran dan integritas akan terus tertanam dalam perilaku sehari-hari masyarakat Kota Ambon, ” pungkasnya (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *