Resmi, DPRD Maluku Tetapkan Delapan Fraksi

AMBON,PELAGANDONG.COM : Melalui rapat paripurna Dengan resmi DPRD Provinsi Maluku (Promal) masa bakti (2019-2024) menetapkan delapan fraksi di DPRD Provinsi Maluku, yang mengandung dalam Rapat Paripurna DPRD Promal yang berlangsung di Ruang Sidang Utama Balai Rakyat Karang Panjang, Senin (23/09/2019) .

Adapun hasil sususan fraksi tersebut merupakan hasil keputusan rapat dari masing-masing partai,” begitu dikatakan Ketua DPRD Promal Lucky Wattimury.

Delapan fraksi yang ditetapkan itu yakni enam fraksi utuh masing-masing Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Golkar, Fraksi Gerindra, Fraksi PKS, Fraksi Hanura, dan Fraksi Demokrat.

Sementara dua fraksi gabungan yakni Fraksi Persatuan Bangsa dan Fraksi Perindo Amanat Berkarya.

Adapun ketua-ketua fraksi yakni Francois Orno (PDI Perjuangan), Murniati Sulaiman /Hentihu (Golkar), Amir Rumra (PKS), Fraksi Gerindra Andi Munaswir, Fraksi Hanura Hengky Ricardo A Pelata, Fraksi Partai Demokrat Elwen Roy Pattiasina, Fraksi Persatuan Bangsa Mumin Refra serta Fraksi Perindo Amanat Berkarya Usama Namakule.

Delapan fraksi itu ditetapkan dalam surat keputusan DPRD Provinsi Maluku Nomor : 01 Tahun 2019 tertanggal 23 September 2019.
Ketua sementara DPRD Provinsi Maluku, Lucky Wattimury mengatakan, dengan ditetapkannya fraksi-fraksi di DPRD Provinsi Maluku diharapkan dapat memaksimalkan tugas dan fungsi sebagai perwakilan dari rakyat Maluku.

“Fraksi juga diharapkan dapat meningkatkan  kreativitas dari para anggotanya serta bertanggung jawab dalam mengevaluasi kinerja anggotanya kedepan,” ujarnya.
Selain itu, tambah politisi PDI Perjuangan ini, dengan ditetapkannya fraksi di DPRD Maluku maka akan dibentuk Panitia Khusus (Pansus) untuk membahas Tata Tertib (Tatib).

Adapun Pansus  Tatib terdiri dari dua orang perwakilan fraksi ditambah dengan dua unsur pimpinan sementara, dengan rincian sebagai berikut, Francois Orno dan Samson Atapary (PDI Perjuangan), Murniati Sulaiman /Hentihu dan Gadis Siti Nadia Umasugi (Golkar), Andi Munaswir dan Saudah Tuankptta Tethool (Gerindra), Amir Rumra dan M Fauzan Husni (PKS), Hengky Ricardo Pelata dan Eddyson Sarimanella (Hanura), Elwen Roy Pattiasina dan Irawadi (Demokrat), Ikram Umasugi dan Roviq Afifudin  (Persatuan Bangsa) serta Wahid Laitupa (Perindo Amanat Berkarya).  (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *