Korban Bencana Dusun Kamarue  Jalani Trauma Healing

AMBON,PELAGANDONG.COM : Korban bencana dusun Kamarue Negeri Waai kecamatan Salahutu Kabupaten Maluku jalani trauma healing di lokasi pengungsian ,Selasa (22/10/2019).

Dari pantauan media ini,berbagai kegiatan trauma healing untuk menghilangkan ketakutan atau trauma akibat bencana Maluku diantaranya berbagai permainan kepada anak-anak ,untuk remaja di ajak cerita pendek semwntara bagi Orang Dewasa di berikan terapi kejiwaan agar segala trauma yang di alami saat gempa dapat di hilangkan.

Upaya pemulihan psikologis korban bencana Maluku terus dilakukan, baik oleh pemerintah Daerah yang tergabung dalam Tim trauma healing.

Koordinator pengungsi dusun kamarue bawah Yul Tubalawony mengatakan, saat ini warga yang mengungsi sebanyak 75 KK dan mendiami 46 tenda dengan jumlah 215 jiwa dan mereka sangat membutuhkan  air bersih dan tarpal  dan bantuan kesehatan.”tuturnya.

“Banyak pengungsi  yang mengeluhkan terutama tentang susahnya mendapatkan pelayanan kesehatan, banyak di antara pengungsi sudah mulai terjangkit berbagai macam pengakit,” tandas dia.

Sementara itu dalam keadaan sedih dan meneteskan air mata,Desy Tasikjawa (12) tahun dan beberapa temannya menceritrakan pengalamaan saat gempa 6,5 SR pertama terjadi di Maluku pada tanggal 26 September hingga berada di tempat pengungsian.

Hampir semua anak-anak saat Gempa terjadi mereka berada di Sekolah dan lari terpisah-pisah dari Orang tua

Namun dengan kehadirannya Tim  trauma healing ,terlihat  Tak ada raut wajah tegang yang ada hanyalah senyuman manis yang membias di wajah mereka (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *