Tingkatkan Kapasitas ,Anggota DPRD Kota Ambon Wajib Ikut Orientasi 

AMBON,PELAGANDONG.COM : Anggota DPRD Kota Ambon masa jabatan 2019-2024 wajib mengikuti orientasi di semua  tingkatan yang berlangsung selama Tiga hari,hal ini disampaikan Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisuta kepada awak media usai mengikuti orientasi di Manise Hotel, Senin (18/11/2019).

“Hari ini DPRD Kota Ambon melaksanakan Orientasi ini selama 3 hari kedepan dengan Materi dari Pusat, yang mana agenda dari pada Orientasi itu Full tentang peningkatan kapasitas dari anggota dewan baik yang baru maupun yang lama,” jelas Ely .

Orientasi Bagi Anggota Dewan ini di selenggarakan, Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 14 Tahun 2018 tentang Orientasi dan Pendalaman Tugas Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/ Kota, Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 895.3/9009/S1, tanggal 4 September 2019 tentang Penyelenggaraan Orientasi/Pembekalan bagi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten/Kota.

Menurut Toysuta Orientasi ini bertujuan untuk mengoptimalkan peran DPRD dalam menjalankan tupoksinya. Adapun sasaran terwujudnya sinergi dalam pelaksanaan tugas pemerintahan daerah antara DPRD dengan Pemerintah Daerah.

“Dengan orientasi ini mereka dibekali dengan ilmu pemerintahan, mengenalkan tugas pokok dan fungsi dewan sebagai bagian dari pemerintahan, meningkatkan semangat pengabdian pada bangsa dan negara dan lain sebagainya,” ujar Toisuta

Terkait materi yang disampaikan lanjut Ely, tidak terlepas dari 3 fungsi utama dari anggota DPRD, yaitu unsur pengawasan, Legislasi dan Penganggaran.

“Jadi hari pertama ini baru 2 materi yang disampaikan terkait dengan fungsi dari pada Legislasi, sehingga besok 2 hari kedepan lagi ada beberapa materi yang akan disampaikan untuk melengkapi seluruh kinerja dari anggota Dewan untuk 5 tahun mendatang,” ulasnya.

Toisuta menambahkan, terkait pembahasan RKA, sampai hari ini di tingkat Komisi komisi sudah berlangsung dan sudah selesai.
Dan direncanakan hari rabu atau kamis akan berlanjut di Banggar, di Singkronisasikan yang mana rencananya sebelum akhir bulan ini sudah dilaksanakan Paripurna penetapan APBD tahun 2020.

“Defisit 60 milyar itu nanti akan kami agendakan untuk diadakan Konfrensi Pers, setelah selesai pembahasan.
Dan materinya nanti akan disampaikan seluruhnya tentang apa yang diinginkan oleh masyarakat terkait isu yang ada bahwa ada Deposit 60 milyar itu dan yang akan disampaikan secara rinci pada saat pimpinan, Ketua ketua Fraksi dan seluruh ketua Komisi akan disampaikannya langsung pada saat Konfrensi Pers dihari penyampaian Paripurna tersebut,” pungkasnya (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *