Wawali Ambon Buka Festival Seni dan Budaya Kecamatan Letisel

AMBON,PG: Wakil Walikota Ambon Syarif Fadler membuka dengan resmi Festival Seni dan Budaya Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) di Lapangan Bola Negeri Leahari pada Kamis (28/11/2019).

Dalam sambutan Walikota Ambon yang dibacakan oleh Wakil Walikota Ambon, Syarief Hadler mengatakan sebagaimana kita ketahui, bahwa pada tanggal 30 oktober 2019, Kota Ambon telah resmi ditetapkan sebagai kota kreatif berbasis music oleh UNESCO .

“Ini merupakan hasil dari perjuangan panjang pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Ambon sejak tahun 2012, yang patut kita sambut dengan rasa syukur, karena perjuangan untuk menjadi salah satu Kota kreatif dunia bukanlah semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh Kota ini, selama proses hingga berhasil mendapatkan pengakuan tersebut,” Katanya.

Menurutnya, Pemerintah Kota Ambon mempersembahkan penetapan Ambon sebagai kota musik dunia ini, bagi seluruh masyarakat Kota Ambon bahkan semua masyarakat Maluku sebagai sebuah kehormatan dan kebanggaan, karena kini Kota Ambon “Duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi” Dengan kota-kota terkenal lainnya didunia dalam jaringan kota terkenal, seperti rammalah (Palestina), mumbai (india), wellington (selandia baru), havana (kuba), dan bangkok (thailand).

Dirinya mengungkapkan salah satu bentuk dukungan tersebut, sebagaimana yang semua bisa saksikan di saat ini, adalah kegiatan festival seni dan budaya kecamatan leitimur selatan.

Oleh karena itu tantangannya adalah bagaimana potensi masyarakat dan potensi alam di wilayah leitimur selatan ini, dapat dikenal dan dikembangakn lewat berbagai event kreatif, sebagai festival seni dan budaya saat ini.

“Melalui event ini, saya sungguh berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan, sebagai TRADEMARK kecamatan leitimur selatan yang dapat dijual atau dipromosikan sebagai event pariwisata tahunan kota Ambon,” Harapnya.

Dirinya juga mengharapakan agar sejalan dengan itu, tentunya harus ada komitmen dari pemerintah dan masyarakat di Kecamatan Leitimur Selatan untuk menciptakan event pariwisata budaya yang menarik di level nasional bahkan Internasional demi menarik minat wisatawan datang ke kota Ambon.

Sementara itu dalam laporan Ketua Panitia mengatakan,Festival ini telah menjadi agenda rutin tahunan Kecamatan Letisel ,dalam Festival tersebut masing-masing Negeri mementaskan semi tari dan budaya yaitu ,Negeri Rutong tarian cakalele,
Negeri Hutumuri tahuri,Negeri Leahari Hawayen ,Negeri Kilang Cerita rakyat,Negeri Hukurila katreji dan orlapei
Negeri Ema tarian perisai
dan Negeri Hatalai Nyanian dan Musik .

Dalam kesempatan itu Camat Letisel Ricky Sopacua mengatakan Seni dan budaya Maluku khususnya yang ada di wilayah Kecamatan Letisel ,hampir punah.

Oleh karena itu,Festival seni dan Budaya yang kami lakukan ini di nilai penting untuk dilaksanakan agar Generasi kita saat ini bisa tau dan mengenal seni dan budaya yang ditinggalkan leluhur kami di Delapan Negeri ini perlu dilestarikan,pungkasnya (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *