Disperindag Gelar Pasar Murah,Jelang Natal

AMBON,PG.COM : Pemerintah Provinsi Maluku melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) menggelar pasar murah Menjelang Perayaan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 1 Januari 2020 yang berlangsung di Pattimura Part Ambon, Selasa (17/12).

Terkait hal ini, Gubernur Maluku Murad Ismail, dalam sambutannya yang dibacakan Plh Sekda Maluku Kasrul Selang, mengatakan memasuki bulan Desember stok kebutuhan pokok masyarakat untuk Provinsi Maluku, masih tersedia dalam jumlah yang cukup.

“Ini terjadi atas kerjasama Pemprov Maluku melalui Disperindag bersama seluruh instansi teknis dan pihak swasta, yang bertanggungjawab terhadap keberadaan kebutuhan pokok masyarakat di Maluku.”tuturnya.

Menurutnya, kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat memang tidak bisa dihindari, namun begitu kenaikan itu masih dalam batas yang wajar maka Pemprov Maluku terus berupaya, agar kebutuhan masyarakat menjelang hari-hari besar keagamaan dapat terjangkau.

Olehnya itu, salah satu strategi yang dilaksanakan adalah kegiatan pasar murah yang tidak hanya dilakukan ditempat ini saja, tetapi juga dilaksanakan dibeberapa titik lokasi strategis yang tersebar di Pulau Ambon.

“Saya mengharapkan kepada semua pihak terutama para distributor, pedagang pengecer dan lainnya, agar tidak melakukan kegiatan spekulasi tertentu yang dapat menyebabkan terjadi lonjakan harga yang tidak wajar, hingga menyebabkan lonjakan harga yang dapat merugikan masyarakat.”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Elvis Pattiselanno, menegaskan kegiatan pasar murah ini dilaksanakan untuk membantu masyarakat yang akan merayakan Natal 25 Desember 2019 dan Tahun Baru 2020, guna memperoleh kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau.

Disamping itu juga memberikan kesempatan kepada para distributor untuk menyediakan dan menjual bahan kebutuhan pokok dengan harga dibawah harga distributor.

Lebih lanjut, kata dia, pasar murah ini juga akan di mobile selama empat hari pada Kecamatan Nusaniwe yakni Gunung Nona dan Dusun Seri Desa Urimeseng, Kecamatan Teluk Ambon, Kecamatan Hatiwe Besar di Dusun Riang, Dusun Lembah Argo Desa Passo.

Kemudian di Kecamatan Leihitu Barat yakni Desa Allang, Lilibouy, dan Hatu, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Desa Toisapu Benteng Karang dan Desa Waay Kecamatan Salahutu. Kegiatan pasar murah ini juga dilaksanakan pada Kabupaten/Kota se-Maluku.

Dia mengakui, kebutuhan pokok yang dijual pada pasar murah ini yakni telur ayam, gula pasir, tepung terigu, minyak goreng, susu kental manis, mie instan, mentega, beras, dan kebutuhan pokok lainnya dengan harga dibawah harga distributor maupun harga eceran di pasaran seperti gula pasir perkilo Rp. 11.000, terigu kompas Rp. 8500, teh celup sariwangi Rp. 5000, susu omela Rp. 7500, coca cola botol Rp. 14.000, mie goreng Rp. 12.000, telur satu rak Rp. 35.000 dan lainnya (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *