Kodam XVI/Pattimura Dirikan Posko Siaga Virus Corona

AMBON,PG.COM : Kodam XVI/Pattimura telah melakukan aksi tanggap cepat mendirikan posko siaga virus Corona/Covid -19,ungkap Pangdam XVI Pattimura Maijen Marga Taufiq usai rapat bersama Forkopimda yang membahas tentang pencegahan dan pengendalian virus Corona (COVID -19) di Provinsi Maluku dan Maluku Utara,Senin (16/03).

Posko siaga virus Corona berdasarkan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa, kepada seluruh satuan jajaran yang menekankan untuk melakukan upaya-upaya antisipasi dan pencegahan wabah virus Corona (COVID -19).

Gubernur Maluku Murad Ismail selaku pimpinan rapat menyatakan, Provinsi Ambon saat ini masih berstatus aman, namun harus tetap laksanakan pencegahan.

Salah satu hasil rapat pagi tadi adalah pembentukan Posko Kesehatan Gabungan Pemda dan TNI-Polri.

Sedangkan Bapak Pangdam XVI/Pattimura menekankan agar masyarakat tidak panik, kita siap melakukan penangan terbaik untuk seluruh masyarakat, maka perlu koordinasi secara ketat para tenaga medis gabungan (Pemda dan TNI-Polri), sekqligus menghimbau *walaupun dengan alkap yang minim, harus bekerja secara maksimal, dengan manfaatkan tenda isolasi yang sudah tergelar di wilayah Provinsi di Maluku dan Maluku Utara

Hasil laporan dan peninjauan di lapangan terdapat lima Rumah Sakit di wilayah Maluku dan Maluku Utara yang sudah mendirikan Posko Kesehatan Siaga Antisipasi dan Penanganan Wabah Virus Corona yaitu, di RST Prof. dr. J.A Latumeten Ambon, di RS (RSAl Fatah,
RS Otocuik Passo dan RD Tulehu, sementara untuk wilayah Maluku Utara yaitu Rumkit TK IV/Ternate.

Kepala Staf Kodam XVI/Pattimura Brigadir Jenderal TNI Asep Setia Gunawan, S.I.P., pada kesempatan yang sama meninjau langsung kesiapan Posko Kesehatan yang berada di RST Prof. dr. J.A Latumeten Ambon yang merupakan rumah sakit tentara di bawah Komando langsung Kodam XVI/Pattimura.

Kakesdam XVI/Pattimura Kolonel Ckm Khairul Kiah melaporkan bahwa saat ini Posko Kesehatan Siaga Corona (COVID -19 sudah siap unutuk menerima pasien.

RST Prof. dr. J.A Latumeten Ambon mendirikan dua buah tenda lengkap dengan 11 orang tenaga medis mulai dari Dokter spesialis bedah, anastesis, THT, penyakit dalam, penyakit paru hingga perawat.
Untuk di wilayah Ternate sendiri, Rumkit Tk IV/Ternate mendirikan 1 tenda kesehatan lengkap dan 6 tenaga medis.

Pangdam XVI/Pattimura menghimbau kepada masyarakat untuk tidak panik menyikapi penularan dan penyebaran virus Corona (COVID -19).
Adapun Posko yang kami dirikan sesuai dengan standar Kemenkes. Apabila ada masyarakat di Wilayah Maluku dan Maluku Utara khususnya di Pulau Ambon terindikasi agar tidak ragu datang dan periksa di RST Prof. dr. J.A Latumeten Ambon untuk penanganan lebih lanjut guna mencegah penularan dan penyebaran virus Corona (COVID -19)

“Saya tegaskan apabila ada di antara masyarakat ada yang terindikasi atau mengalami gejala-gejala terjangkit virus Corona (COVID -19) agar segera datang dan memeriksakan diri di posko yang sudah kami siapkan, jangan ragu”, kata Pangdam

“Posko yang kami dirikan ini hanya sementara, apabila ada yang betul-betul terindikasi akan kami tangani, dan isolasi”, ungkapnya. (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *