Menjaga Pasokan Di Tengah Pandemi

AMBON, PG.COM : Dalam menjaga ketersediaan barang khususnya sayuran yang tidak tahan lama, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku bersama Dinas Pertanian bekerjasama dalam menjaga pasokannya. Salah satu jalan untuk mencapai tujuan tersebut dengan cara mengembangkan daerah-daerah penghasil yang lokasinya dekat dengan Kota Ambon.

Untuk mendukung upaya tersebut, Bank Indonesia berkoordinasi dengan Dinas Pertanian membentuk kelompok tani binaan di beberapa wilayah guna mendukung pasokan kebutuhan di wilayah Maluku, terutama Kota Ambon. Salah satu kelompok binaan tersebut berada di Telaga Kodok.

Adapun bentuk dukungan diberikan dalam bentuk berupa bantuan bibit/benih, pupuk dan peralatan pertanian hingga pelatihan.
Kelompok Tani binaan Bank Indonesia yang bernama Telaga Legah ini, diketuai oleh Ibrahim Kaimudin dengan beranggotakan sebanyak 20 orang petani. Luas area pertanian yang diimiliki sebesar 0,25 ha. Komoditas utama yang ditanam kelompok ini berupa cabe (rawit dan keriting), sawi, bawang merah, tomat, buncis dan kacang panjang.

Kini Kelompok Tani Telaga Legah kembali membuahkan hasil setelah pada akhir 2019 yang lalu panen komoditas cabe keriting dan bawang merah. Panen sawi sakata sebanyak 1,3 ton memberikan harapan tambahan penghasilan bagi kelompok tani ditengah situasi pandemi COVID-19 saat ini. Adanya suplai pangan dari tanah Maluku diharapkan dapat memasok kebutuhan domestik di dalam provinsi. Hasil panen ini rencananya akan langsung dipasok ke pasar Ambon.

Kedepan, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku senantiasa akan berkoordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Maluku dan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait di Pemerintah Provinsi Maluku, TPID Provinsi Maluku dan pihak terkait lainnya untuk melaksanakan program dan strategi pengendalian inflasi di Maluku meski di tengah pandemi Covid-19, sehingga inflasi tetap terjaga pada level yang rendah dan stabil (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *