Hari Pertama Dibuka, RSUP Leimena Mulai Terima Pasien Covid-19

Ambon,- Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. J.Leimena Ambon resmi menjadi rumah sakit rujukan pusat khusus pasien terjangkit virus corona atau Covid-19 di Provinsi Maluku , Rabu (27/5/2020).

Di hari pertama pembukaan, rumah sakit milik Pemprov Maluku ini akan menerima 10 pasien terkonfirmasi virus corona.

Direktur Utama RSUP Dr. J.Leimena Calentinus Eigya Munthe mengatakan RSUP Leimena sudah mulai di operasionalkan hari ini dan akan menerima pasien rujukan pertama dari RSUD Haulussy Ambon.

“Kita operasionalkan untuk rumah sakit ini, khusus untuk pasien finan covid saja yang dirujuk, kita belum buka untuk pelayanan umum. Kita mempersiapkan saat ini 20 kamar, 1 kamar terdapat 1 tempat tidur untuk setiap kamar,”Kata Munthe kepada awak media, di RSUP Leimena Ambon, Rabu (27/5).

Munthe menambahkan untuk penambahan jumlah pasien, jika ada pasien bertambah membutuhkan jumlah tempat tidur yang cukup banyak, maka akan ditingkatkan.

Dia mengungkapkan kapasitas RSUP Leimena memiliki 200 tempat tidur, sementara untuk fasilitas RSUP ini semua lengkap, laboratorium, radiologi, ICU, dll.

“Untuk pasien umum ketika kita operasionalkan, apabila semua tenaga kesehatan sudah lengkap semua di rumah sakit, kita operasionalkan untuk pasien umum,”Ungkapnya.

Sementara itu, Sekertaris Daerah Maluku Kasrul Selang menjelaskan operasional RSUP Dr.J.Leimena, sudah mulai berjalan untuk hari ini dan sementara rumah sakit ini dikhususkan buat pasien-pasien covid yang sudah terkonfirmasi hasil PCR.

“Kita di Ambon memiliki rumah sakit yang ada kurang lebih, cuma tersedia 80 kamar untuk RSUD Haulussy, RST dan lainnya. Saat ini kita memiliki rumah sakit alternatif yang ada di BPSDM dan di LPMP sendiri memiliki 165 kamar,”Jelas Kasrul.

Kasrul mengatakan informasi pasien harian penambahan bisa mencapai 10 sampai 12 orang setiap harinya dan sampai kemarin statusnya ada 170 PCR dan untuk penambahan pada RSUP ini memiliki 200 tempat tidur.

“Kami atas nama gugus dan pemerintah mngucapkan terimakasih kepada dirut RSUP dan jajarannya, Kemenkes dan semua yang terkait yang sudah mengijinkan kita,”Kata Kasrul.

Kasrul menambahkan karena rumah sakit ini baru, pihaknya harapkan kepada pasien dan tenaga-tenaga medis disini, “Mari kita jaga rumah sakit, karena rumah sakit di Indonesia Timur yang paling bagus, mewah dan megah,”Tambahnya.

Kasrul mengatakan kemarin sebenarnya designnya rumah sakit sudah tipe A, lalu operasionalnya ini rumah sakit tipe B, dan mudah-mudahan bisa naik menjadi tipe A.

“untuk tenaga medis kita peruntukkan 120 orang, kita di gugus ini telah siap menyediakan dan melengkapi prasarana dari pada tim medis. Selanjutnya protabnya mulai dari pasien masuk sampai pulang di atur oleh tim medis disini,”Ujar Kasrul.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *