BTKLPP Ambon Telah Periksa Hampir 1000 Spesimen Covid-19

AMBON,PG.COM : Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit  (BTKLPP) Telah memeriksa hampir 1000 Spesimen Covid-19 hingga saat ini, hal ini diungkapkan Kepala BTKLPP Ambon Budi Santoso SKM. M.PH  kepada wartawan dalam konfrens yang diselenggarakan Jumat (29/5/2020).

Terhitung sampai saat ini, Menurutnya dari hampir 1000 Spesimen yang diperiksa saat ini sudah 201 yang Terkonfirmasi positif.

Ia menambahkan BTKLPP selama ini bekerja 24 jam dengan menggunakan 3 shift kerja sehingga spesimen yang datang dari Dinas Kesehatan Provinsi maupun kabupaten-kabupaten lain bisa langsung di periksa.

Pemeriksaan spesimen memerlukan waktu selama 5 jam karena harus melalui beberapa tahapan.

Tahapan pertama yang dilakukan adalah unboxing selama 10 menit kemudian dilanjutkan ke ruang Extraksi selama 2,5 jam.

Untuk pemeriksaan di ruang extraksi spesimen dibuka, karena resiko tertinggi disana maka petugas mempergunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

Ia menambahkan pemeriksaan tersebut dilanjutkan ke ruang Mixing sampai dengan analisa membaca  hasil sampel tersebut di ruang Reading  RT-PCR., dengan demikian pemeriksaan 1 spesimen sama dengan pemeriksaan 24 spesimen.

Terkait tenaga ahli yang bisa membaca Virus menurut Santoso saat ini sebanyak 6 orang tenaga ahli, awalnya 4 orang saja namun dua sudah dilatih.

Dirinya berkeinginan menambah 2 orang tenaga ahli lagi menjadi 8 tenaga ahli yang nantinya dimiliki BTKLPP Ambon (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *