Upaya Bentuk Kodim,254 Personil BKO Diterjunkan

AMBON, PG.COM : Sebagai Upaya pembentukan Kodim dan juga pengamanan Pilkada, sebanyak 252 Personil Satgas BKO diterjunkan ke Wilayah Provinsi Maluku yaitu di Kota Tual sebanyak 44 personil Kabupaten Maluku Barat Daya Moa 42 personil,dan Kabupaten Kepulauan Aru 42 personil ,demikian penjelasan Komandan Korem 151 Binaiya Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw, disela-sela upacara Serpas 254 Satgas BKO di Pelabuhan Yos Soedarso Ambon, Rabu (15/7/2020).

“ 128 personil Satgas BKO Kodam XVI/Pattimura, akan diberangkat menggunakan 2 kapal perintis. Pukul 19.00 WIT Satgas BKO Kodim persiapan MOA Kabupaten MBD berjumlah 42 personel lengkap bertolak dari pelabuhan Yos Sudarso Kota Ambon menuju MOA menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 87. Dan pukul 21.00 WIT Satgas BKO Kodim persiapan Kota Tual dan Kabupaten Kepulau Aru, berjumlah 86 personil lengkap, bertolak menuju Tual menggunakan Kapal Sabuk Nusantara 34,”ungkap Kasiter Korem 151/Binaiya.

Menurutnya 254 Personil tersebut akan ditempatkan di wilayah bagian selatan sebanyak 128 Personil dan sisanya akan ditempatkan di Buru Selatan 42 personil SBB 42 personil dan SBT42 personil

Saat ini, kata dia, di 11 wilayah Kabupaten/Kota baru 5, ada 6 wilayah yang belum mempunyai Kodim.

Untuk itu pihaknya telah meminta dari Kasad TNI agar ada penguatan dari Kodam-kodam lain untuk mengisi personil di wilayah-wilayah yang belum ada kodim tersebut.

Nantinya personil tersebut di tempat tugasnya tersebut akan membentuk kodim yang baru sehingga setiap kabupaten/kota akan mempunyai 1 KODIM.

“Tugas dari personil BKO ini akan membentuk, membina masyarakat yang belum ada kodim sehingga satu waktu akan terbentuk kodim Baru disitu,” ucapnya.

Dia berharap, tahun ini Kodim di Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dapat diresmikan

Ia menambahkan kalau personil BKO tersebut adalah sumbangan dari seluruh Kodam di Indonesia terkecuali Kodam XVII Cendrawasih, Kodam XVIII Kasuari dan Kodam XVI Pattimura.

Dia meminta agar Satgas BKO bisa menyatu dengan masyarakat sehingga pelaksanaan kegiatan bisa berjalan dengan baik apalagi dalam menghadapi Pilkada (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *