Rusdy : KMP Nusantara 02 Hadir Dukung Pelayanan di Maluku

AMBON, PG.COM : Penyerahan KMP Nusantara 02 dari Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Maluku Murad Ismail ,didampinggi Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi dan sejumlah pejabat Kemenhub dan Direktur Utama PD Panca Karya Rusdi Ambon, dan Kadis Perhubungan Provinsi Maluku Muhammad Malawatdi Hotel Mulia, Rabu (05/08/2020)

Dalam rilis yang di terima media ini Direktur PD Panca Karya, Rusdy Ambon, mengatakan, kehadiran KMP Bahtera Nusantara 02 ini nantinya dimanfaatkan untuk mendukung pelayanan penyebarangan di Maluku yang memang membutuhkan armada berkapasitas besar karena sering dihadapkan dengan kondisi cuaca ekstrem.

KMP  Nusantara 02 memiliki kapasitas angkut 400 orang dan 29 unit kendaraan campuran (19 unit truk besar dan 10 unit kendaraan) dengan kecepatan percobaan 16 knot per jam,ucapnya.

Rusdy menambahkan, Kapal ferry jenis roll on-roll of (Roro) itu sementara berada di galangan kapal di Surabaya yakni di PT Dumas Tanjung Perak Shipyard selaku galangan pembangunan KMP dengan bobot 1500 GT .

Menurutnya, KMP Nusantara 02 yang dibangun oleh PT. Dumas Tanjung Perak Shipyard itu menggunakan dana APBN tahun anggaran 2018-2019 sebesar Rp 90 miliar dengan waktu pembangunan selama 22 bulan.

Kehadiran KMP Bahtra Nusantara 02 ini sangat membantu transportasi perhubungan Laut khususnya di Provinsi Maluku ,dan juga akses antar pulau pun dapat berjalan dengan baik.

“Kehadiran KMP Bahtera Nusantara 02 diharapkan juga akan mendukung pengembangan sektor pariwisata maupun kelautan dan perikanan di Maluku, selain untuk aksesibilitas barang dan orang antar pulau di Maluku,” tandas Rusdy.(PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *