Moeldoko Dukung Revitalisasi Benteng Victoria

Jakarta,PG.COM : Kepala Staff Kepresidenan RI, Moeldoko, mendukung revitalisasi Benteng Victoria di Ambon. Hal ini diungkapkannya, saat menerima Walikota Ambon dan rombongan saat pertemuan di ruang rapat Kantor Staff Presiden, Bina Graha Jakarta, pada Kamis (17/09/2020).

Menurut Moeldoko, dirinya sudah mendengar dan mengikuti perkembangan revitalisasi Benteng Victoria ini, termasuk semua upaya yang dilakukan pemerintah Kota Ambon yang telah melakukan pertemuan .”Hal ini tidak terlalu sulit karena baik pemerintah daerah maupun TNI dalam hal ini Kodam XVI Pattimura, sama-sama membutuhkan dan sama-sama untung. Apalagi KASAD sudah menyetujui,”tandasnya.

Moeldoko hanya mengingatkan yang harus disiapkan adalah lahan dan anggaran pembangunan. Untuk itu dirinya mengatakan akan mendorong anggaran revitalisasi ini ke Bappenas, agar bisa dimasukkan dalam dalam rencana strategis. “Yang perlu disiapkan adalah lahan dan anggaran yang dimasukkan dalam APBN. Oleh karena itu, kita akan bantu dorong ke Bappenas, agar anggaran revitalisasi Benteng Victoria ini bisa masuk dalam rencana strategis Bappenas dan bisa dimasukkan di tahun anggaran 2021,” ujarnya

Bahkan Moeldoko menegaskan, revitalisasi tidak boleh dipersulit, karena ini bukan untuk kepentingan komersial, tetapi untuk kepentingan pendidikan, bela negara, pariwisata dan ekonomi.

“Kita akan mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, PUPR, Kemenhan, untuk membicarakan realisasi revitalisasi ini. Karena ini hanya pindah bukukan, tidak perlu ada hitung-hitungan ganti rugi. Oleh karena itu kita akan kerja keras supaya bisa di realisasikan,” ungkap mantan Panglima TNI ini.

Sebelumnya, Walikota Ambon telah menjelaskan saat Kodam XVI Pattimura dipimpin oleh Doni Moenardo, beliau menginisiasi pertemuan dengan Pemkot Ambon untyk membicarakan revitalisasi ini. Setelah itu, Pemkot Ambon mengambil langkah selanjutnya dengan mendapat dukungan dari Pemerintah Provinsi Maluku, DPRD Kota Ambon dan DPRD Maluku. Bahkan Pemkot Ambon juga telah melakukan pertemuan dengan Kepala Staff Angkaran Darat (KASAD), yang juga mendukung revitalisasi tersebut.

“KASAD bahkan minta agar revitalisasi dipercepat. Pemkot Ambon bahkan juga telah menemui DPR RI. Selanjutnya kami hari ini juga kami akan bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Kami juga merencanakan untuk nantinya bertemu Menteri pertahanan,”jelas Walikota.

Walikota menyadari, revitalisasi ini tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, tetapi upaya agar bisa diproses untuk dianggarkan ditahun depan, sudah dilakukan dengan intens.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisutta, menyatakan dukungan kepada pemerintah Kota Ambon terkait rencana revitalisasi tersebut. “Sebagai representasi masyarakat Kota Ambon, kami mendukung sepenuhnya rencana ini, sekaligus sebagai bukti bahwa masyarakat Maluku, khususnya Kota Ambon sangat menghargai situs sejarah,” terang Toisutta.

Diakhir pertemuan, Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta, yang mendampingi Moeldoko mengatakan, akan segera menjadwalkan pertemuan untuk mengundang Bappenas, Kementerian Keuangan, Kemenhan, Kementerian PUPR, untuk membicarakan revitalisasi Benteng Victoria.

Usai pertemuan, kepada wartawan Walikota mengucapkan terima kasih kepada Moeldoko dan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta, yang telah memberikan dukungan yang luar biasa dengan segera merencanakan pertemuan dengan pihak-pihak terkait. “Sebagai anak Maluku, Pak Febry sangat mendukung dan mendorong agar revitalisasi ini segera dituntaskan,”ungkapnya.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta, Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Ambon, Rico Hayat, Sekretaris Bappeda Litbang Kota Ambon, Feberien Maail, Asrendam XVI/ Pattimura, Kol. Inf Kurniawan, Aslog Kasdam XVI/Pattimura, Kol. Kav. Sugeng Waskito Aji, Kazidam XVI/Pattimura, Letkol Czi. Ubaidillah dan Deputi I KSP, Febry Calvin Tetelepta, yang mendampingi Moeldoko (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *