Polres Malteng Gelar Mimbar Jumat di Masjid Al Muhajirin KM-12

MASOHI,PG.COM : Program pembinaan umat melalui mimbar Jumat, terus dilakukan oleh personil Polres Maluku Tengah, terutama Satuan Binmas. Kini giliran masjid Al-Muhajirin Kilometer (KM) 12, Desa Sepa, Kecamatan Amahai, Maluku Tengah.

Ps Kanit Binpolmas Satuan Binmas Polres Maluku Tengah, Bripka Irawan dalam khutbah Jum’at bertemakan ‘menyikapi musibah dalam perspektif Islam’ mengatakan, secara fitrah tidak seorangpun di muka bumi ini yang menginginkan suatu musibah yang menimpa pada dirinya, namun musibah dalam arti suatu kejadian yang tidak menyenangkan, dan tidak yang menyusahkan bahkan menyakitkan, baik secara fisik maupun mental.

” Bagi seorang mukmin, musibah yang terjadi dan menimpa dirinya dipandangnya sebagai ujian hidup, maka dibalik ujian itulah yang perlu direnungkan, apa hikmah dibalik ujian itu, “kata Irawan, saat membawakan khutbah dimasjid tersebut, Jumat (25/09/2020) .

Menurutnya, ketika musibah yang tidak menyenangkan terjadi, seharusnya manusia bertanya, mengapa hal ini terjadi, apa sebab terjadinya musibah yang demikian ini.
“Itulah bentuk-bentuk dan cara Allah SWT memberi ibtila atau ujian kepada manusia, dengan ujian itu Allah ingin membedakan siapa manusia yang benar-benar beriman dengan orang-orang yang benar kafir kepadaNya, siapa diantara manusia yang paling berkualitas keimanan, dan amal, bersyukur atas nikmat, Istiqomah dalam ketaatan kepadaNya atau kufur atas nikmatNya dan berputus asa atas cobaan yang menimpanya, “paparnya.

Bintara yang telah membawakan khutbah di 135 Masjid itu juga turut mengajak, jemaah sholat jumat di masjid Al-Muhajiran itu, untuk menjadikan musibah sebagai peringatan dan intropeksi diri untuk menjadi yang lebih baik.

“Marilah kita jadikan seluruh musibah yang menimpa diri kita, keluarga kita atau bangsa kita sebagai peringatan, introspeksi serta untuk mendekatkan diri, tawakkal kepada Allah SWT dan upaya meningkatkan kualitas iman, amal dan taqwa kita untuk mendapatkan ampunan dan surga-Nya,”imbuhnya.

Diakhir Khutbahnya, Karapesina mengajak, kepada jamaah untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan dimasa pandemi covid 19 saat ini diantaranya, menggunakan masker, mencuci tangan dengan air yang mengalir atau menggunakan Hand Sanitizer, menjaga jarak dengan orang lain, menghindari kerumunan yang dapat menyebabkan terjadinya penularan covid-19.
“Kemudian kita harus mematuhi Fatwa Majelis Ulama Indonesia berkaitan dengan ibadah dimasa pandemi, ” pintahnya.

Setelah Khutbah Jumat, dilanjutkan dengan Shalat Jumat Berjamaah. Usai sholat Jumat, Kapolres Maluku Tengah, AKBP Rositah Umasugi, kemudian melaksanakan silaturahmi kamtibmas dengan warga yang mendiami Kilometer 12, Desa Sepa itu.
Tidak hanya bersilaturahmi, Kapolres juga memberikan bantuan berupa sejumlah Al-Quran. (*).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *