Relawan Jokowi ,Maluku Satu  Hati Desak Jokowi  Segera Lakukan  Resuffle

AMBON,PG.COM : Maluku Satu Hati meminta Presiden Joko Widodo agar segera melakukan reshuflle kabinet para menteri, demikian rilis yang diterima media ini Jakarta ,Sabtu (24/10/2020).

Ketua umum  Maluku Satu Hati (MSH) James Talakua mengatakan  kekuatan Presiden ada pada para relawannya, apabila relawan tidak dirangkul, maka presiden akan kesulitan mensosialisasi dan mengedukasi masyarakat terkait kebijakan, kinerja dan program Presiden.

“kami nilai kinerja Menteri yang buruk, perlu segera diganti dengan menempatkan sosok calon menteri baru yang dapat menyeimbangkan pola kerja cepat Presiden, “kata James.

James mengatakan wacana reshuffe para menteri yang dinilai gagal mengeksekusi misi dan program Jokowi ini dianggap perlu disegera dilakukan demi terwujudnya visi besar Presiden.

Tepat 20 Oktober 2020 lalu, Pemerintah Jokowi – Ma’arif genap berusia 1 tahun. Satu tahun masa pemerintah Joko Widodo – KH. Ma’aruf Amin adalah waktu yang tepat mengevaluasi Kabinet Indonesia Maju.

“Presiden dalam hal ini, bisa menilai mana menteri yang berprestasi atau tidak, dan dapat melakukan reshuffle kabinet sesuai hak prerogatifnya. “tuturnya.

James mengungkapkan walau di tengah Pandemi Covid-19 ini, Presiden Jokowi juga bisa menilai dan mengevaluasi para Menteri yang kinerjanya buruk, Presiden juga bisa merombak dan melakukan reshuffle kabinet sesuai hak prerogatifnya.

Menurutnya, selama masa pemerintahan Jokowi-Ma’aruf, terkesan Presiden hanya sendiri bekerja untuk mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait kebijakan, kinerja dan program kerja Presiden.
Pihak-pihak yang selama ini dipandang sebagai pendukung Presiden pun seperti mandek bahkan bungkam menyoal sosialisasi dan edukasi masyarakat misi Presiden itu.

“Kekuatan Presiden ada pada para relawan, apabila relawan tidak dirangkul, maka presiden akan kesulitan mensosialisasi dan mengedukasi publik terkait kebijakan, kinerja dan program Presiden, “ungkap James.

James menambahkan setahun pemerintahan Jokowi-Ma’aruf, para relawan ikut mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait kinerja, kebijakan dan program kerja Presiden.

“Para relawan bekerja tanpa diminta. Oleh karena itu, para relawan perlu dirangkul, dibina, diarahkan, dan diperhatikan serta diakomodir Presiden. Sehingga mesin-mesin relawan dapat bekerja dan memback up presiden hingga selesai masa jabatannya.

Di akhir, James menyarankan agar selanjutnya pada reshuffle selanjutnya, Presiden Joko Widodo dapat memberi kesempatan bagi calon menteri asal Maluku yang dinilai memiliki kapasitas dan kompetensi sesuai harapan presiden, dan yang lebih penting calon Menteri asal Maluku itu dapat berkerja cepat dalam bekerja menyeimbangkan pola kerja Presiden.

Diketahui, Maluku Satu Hati memiliki pergerakan politik Maluku Voor Jokowi (MVJ) yang juga turut serta memenangkan Jokowi pada pilpres 2019 lalu, menjadi salah satu relawan dari dua kelompok relawan Jokowi, yang memberi catatan di setahun pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin. Projo memberi sorotan terhadap kinerja para menteri karena dianggap kurang maksimal dalam bekerja.

Sementara itu Jokowi Mania (JoMan) menyebut ada sejumlah menteri yang tidak layak dipertahankan. JoMan berharap ada reshuffle agar pemerintahan Jokowi-Ma’ruf bisa bekerja lebih baik lagi. (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *