Kecamatan Leitimur Selatan Gelar Musrenbang

AMBON, PG.COM :Kecamatan Leitimur Selatan (Letisel) melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2021, di Kantor Camat Letisel, Jumat (26/02/2021).

Pelaksanaan musrenbamg ini dipimpin oleh Kepala Bidang Perencanaan Pembangun Manusia dan Sosial Bapeda Litbang Kota Ambon Alfian Lewenussa Menurutnya, musrenbang merupakan wadah sekaligus proses perencanaan pembangunan partisipatif, dalam upaya menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat sesuai situasi, kondisi, dan perkembangan terkini.

“Serta dijadikan tahap awal penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) di tahun 2022,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Letisel Ricky Sopacua mengatakan,Musrembang Kecamatan dilaksanakan penajaman, penyelarasan, klarifikasi dan kesepakatan usulan rencana kegiatan pembangunan Negeri/Desa,yang di integrasikan dengan prioritas Pembangunan Daerah di wilayah Kecamatan.

Adapun tujuan pelaksanaan musrenbang adalah membahas dan menyepakati prioritas pembangunan yang belum tercakup dalam usulan di Wilayah Kecamatan dan menyepakati pengelompokan prioritas pembangunan berdasarkan Tugas dan fungsi perangkat Daerah.

Menurut Sopacua, Anggaran yang direncanakan harus berdasarkan dokumen Renstra kecamatan yang mengacu pada rancangan awal rencana Pembangunan Daerah (RKPD) yang mengacu pada Visi -Misi Pemerintah Kota Ambon

Menurutnya capaian indikator masih banyak kekurangan dan patut di perhatikan ,seperti di Bidang Sosial masih ada tergolong miskindan belum optimalnya modal pemberdayaan Masyarakat Desa dalam pembangunan kawasan,di bidang Ekonomi ,belum ada sentra Ekonomi yang memadai contoh Pasar,dan masih rendahnya target pola pangan harapan.

Selain itu di bidang Fisik, belum tersediannya infrastruktur transportasi, contohnya terminal, masih terbatasnya trayek Mobil angkut dari Negeri Hatalai ke Ibu Kota Kecamatan Negeri Leahari maupun sebaliknya dan juga pagar kantor camat Letisel.

Kiranya peserta Musrenbang dapat membahas leboh detail dalam kelompok agar jadi bahan Ouput dari musrembang, harapnya (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *