Dayung Sampan Ramaikan Festival Pesona Meti Kei

LANGGUR PG COM – Lomba Dayung Sampan  antar Desa (wilayah yang terdiri dari beberapa desa dan membuat kesatuan yang dipimpin oleh seorang raja) di Kepulauan Kei yang sudah lama vakum, kembali digelar untuk memeriahkan Festival Pesona Meti Kei (FPMK) 2021

“Lomba ini salah satu kegiatan yang digelar untuk meramaikan Festival Pesona Meti Kei ”  ungkap Bupati Maluku Tenhgara Thaher Hanubun kepada wartawan, Senin (25/10/2021)

Seharusnya Kata Hanubun, Koni Provinsi Maluku hendaknya memberikan beban kepada masing-masing Kabupaten / Kota di Maluku untuk membina dan mengelola cabang olahraga.

Bagi Hanubun, sebagai orang Kini, dirinya ingin membina atlit dayung, apalagi di dukung dengan adanya atlit dayung asal Kabupaten Maluku Tenggara.

Seiring dengan tujuan tersebut Hanubun memastikan, bahwa di Tahun 2022 mendatang akan membuat program prestasi yakni dari Maluku Tenggara untuk Maluku dan dari Maluku untuk Indonesia.

“Tentunya dari Indonesia pasti untuk Asia Tenggara. jadi saya pastikan tahun depan kita akan membina atlit Dayung di Maluku Tenggara,” ungkapnya (PG-02)

Ia mengatakan, pemerintah dan masyarakat Kota Tual mengapresiasi pelaksanaan lomba tersebut sebagai ajang promosi pariwisata dan budaya daerah. “Kita sebagai penerus harus dapat melanjutkan karya-karya untuk menjaga dan melestarikan budaya untuk kemaslahatan kita bersama,” katanya.

Dalam lomba ini, masyarakat diharapkan dapat menjaga ketertiban dan keamanan, serta menjunjung tinggi sikap sportif, dan memaknainya sebagai ajang untuk memupuk silaturahmi antar-Ratschap. “Manggurebemajukan Kei tercinta, membuat dunia terpesona dengan pesona kepulauan, budaya, dan masyarakat Kei,” kata Jamaludin.

Ia lebih jauh mengimbau agar generasi penerus Kei dan seluruh warga Kei yang tinggal di Kepulauan Kei agar menjaga dan memelihara amanat budaya “Ain ni Ain” yang memberi inspirasi kepada orang Kei tentang relasi baik kehidupan sosial antar masyarakat.

Babak Penyisihan Lomba Dayung Belan FPMK 2021 diikuti oleh 55 peserta yakni pada Kategori Dewasa  43 dan kategori remaja.

Meskipun di bawah terik matahari namun acara berjalan aman dan lancar, serta menyedot perhatian ribuan penonton baik yang berasal dari Maluku Tenggara maupun Kota Tual, dan wisatawan (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *