Lantamal  IX Gelar Peringatan Muhammad 1444 H

AMBON,PG.COM : Keteladanan Nabi Muhammad SAW, telah memberikan perubahan kepada umat manusia dari peradaban jahiliyah atau keterbelakangan moral, kultural dan budaya menjadi peradaban yang tertuntun dan bermartabat.

Sebagai insan hamba Tuhan Yang Maha Esa, tentunya seorang prajurit harus tetap menjunjung nilai-nilai spiritual keagamaan yang diyakini terutama dalam menjalankan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara. Dalam rangka menggali nilai-nilai ajaran Agama Islam khususnya dengan sejarah dan kehidupan Nabi Muhammad SAW, Danlantamal IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., beserta seluruh keluarga besar Lantamal IX memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H, bertempat di Masjid Nurul Iman Komplek Lantamal IX Halong, Baguala, kota Ambon. Kamis (13/10/2022)

Tema yang diambil pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H/2022 M yakni “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari”, dengan menghadirkan penceramah Ketua Badan Imarah Muslim (BIM) Provinsi Maluku Ustadz Arsyal Rizal Tuasikal, S.H., M.H.

Acara tersebut diawali dengan pembacaan ayat suci Al Quran, yang dibacakan oleh Qori Lantamal IX Serda APM Ahmad Burhanudin dengan Syaritilawah Serda APM Yunita. Dalam sambutannya Danlantamal IX Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina, M.M., M.T., menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini sebagai upaya meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta mensyukuri nikmat Allah SWT.

“Selain melaksanakan instruksi dari pimpinan TNI AL, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga merupakan upaya kita untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta mensyukuri nikmat Allah SWT”, tutur Danlantamal IX.

Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina juga berharap dari Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dapat disimak dengan baik agar dijadikan teladan, contoh dalam keseharian.

“Melalui hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW, saya berharap kita bisa sama-sama menyimak dan memahami teladan, contoh dalam keseharian Nabi Muhammad sebagai upaya menjadi prajurit Jalasena yang profesional, disiplin, tekun dan membina kerukunan di lingkungan kerja dan kedinasan”, tutup Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina.

Lebih lanjut, Hikmah Maulid Nabi Muhammad yang disampaikan oleh penceramah Ketua Badan Imarah Muslim (BIM) Provinsi Maluku Ustadz Arsyal Rizal Tuasikal, S.H., M.H., berisikan tentang sejarah dan perjuangan Nabi Muhammad dalam mensyiarkan Agama Islam serta sosok Nabi Muhammad sebagai seorang pemimpin dan suri tauladan yang patut di contoh dan sangat luar biasa dari lahir sampai akhir hayatnya sehingga menjadikan Nabi Muhammad orang paling berpengaruh di dunia.

“Nabi Muhammad SAW merupakan sosok kepala negara yang sangat adil dan petinggi militer yang bijaksana. Beliau juga pelopor anti rasisme dengan memerintahkan Bilal Bin Rabah yang notabene seorang budak dan berkulit hitam untuk menjadi muadzin di Mekkah”, tutur Ustadz Arsyal Rizal Tuasikal.

“Dalam diri Nabi Muhammad SAW terdapat suri ketauladanan yang luar biasa, dari lahir sampai dengan akhir hayat sehingga menjadikan beliau orang paling berpengaruh di dunia”, tambah Ketua Badan Imarah Muslim (BIM) Provinsi Maluku saat ceramah.

Dengan lahirnya Nabi Muhammad SAW di dunia ini merupakan suatu anugerah dan merupakan penutup dari para Nabi yang menjadi suri tauladan didalam segala aspek kehidupan bagi umat manusia. Semoga dengan peringatan Nabi Muhammad SAW, nantinya kita semua dapat meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari.

Hadir dalam kegiatan, Para PJU Lantamal IX, Para Kasatker, Perwira, Bintara, Tamtama, PNS Lantamal IX serta Pengurus Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III dan keluarga besar Lantamal IX Ambon. (PG-02)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *