Pj.Walikota Ambon Hadir Ridwal Adat Cuci Negeri Leahari

AMBON,PG.COM : Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena menghadiri acara cuci Negeri masyarakat Leahari, yang berlangsung di Negeri Leahari Kec. Leitimur Selatan, Jumat (29/12/23).

Dalam acara Ridwal Adat tersebut turut dihadir Pimpinan OPD lingkup Pemerintah Kota Ambon,Kepala Kecamatan Letisel dan Staf ,Kapolsek Letisel dan Anggota DPRD Kota Ambon,mantan Anggota DPD RI Jhon Piris, Kepala Sekolah SDN Leahari dan Seluruh Masyarakat Negeri Leahari yang ada di Negeri Leahari maupun di Tanah Rantau .

Dalam sambutannya Bodewin Wattimena menyampaikan, Negara ini mengakui keberadaan kesatuan masyarakat adat yang ada di dalamnya, karna itu setiap Negeri adat yang ada di Negara ini diberikan kebebasan dan keleluasaan untuk terus hidup bertumbuh sesuai dengan kearifan lokal yang dimiliki.

Dikatakan, di Kota Ambon sendiri ritual cuci negeri ini sering dilakukan, seperti yang perna dilakukan di Negeri Soya, Negeri Leahari, dan beberapa Negeri lainnya , hal Ini menggambarkan bahwa masyarakat adat, sungguh menghargai nilai-nilai yang sudah di tinggalkan oleh para leluhur dari Negeri-negeri adat tersebut.

“Pemerintah kota menyambut baik dan selalu mendukung penuh kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Negeri-negeri adat,” ujar Bodewin.

Bodewin berharap, ritual-ritual adat seperti ini jangan hilang, tetapi harus tetap dijaga dan dilestarikan agar terus bertumbuh, sehingga pada waktunya nanti akan menjadi pariwisata yang dapat dikembangkan atau dijual ke dunia luar.

Dirinya mengibaratkan bahwa Ambon harus seperti Bali, yang ritual-ritual keagamaan adat istiadat di sana selalu di jaga dan di pelihara, sehingga membawa nilai tambah bagi Pengembangan pariwisata di sana.

Diakhir sambutannya Bodewin mengucapkan selamat dan sukses kepada Raja Negeri Leahari, seluruh badan Saniri Negeri, serta tokoh-toko adat, atas penyelenggaraan ritual cuci Negeri yang telah dilaksanakan.

Penjabat juga berharap mudah-mudahan apa yang dilakukan sebagai ungkapan syukur kepada sang Pencipta, sekaligus menghormati para leluhur yang sudah meninggalkan hal-hal baik positif bagi Negeri Leahari, nantinya bisa berdampak pada semakin eratnya persatuan dan kesatuan antar sesama anak Negeri untuk menjaga setiap warisan budaya yang dimiliki, lalu bisa terus di pelihara dan di kembangkan kedepan. (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *