Cegah Bencana BPBD Ambon Siagakan Desa tangguh

Cegah Bencana BPBD Ambon Siagakan Desa tangguh

AMBON,PELAGANDONG.COM ; Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon Demy Paays kepada Wartawan di Ambon ,Selasa (8/05/2018) mengatakan untuk mencegah bencana BPBD Ambon menyiagakan 11 desa tangguh bencana guna membantu pemerintah dalam pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana. “Sampai saat ini kita telah membentuk 11 desa tangguh bencana yang tersebar di empat kecamatan di kota Ambon, sebagai bentuk kesiapsiagaan kita sejak dini,” katanya di Ambon, Selasa.

Menurut Pays Desa tangguh bencana sangat membantu pemerintah dalam pencegahan dan kesiapsiagaan menghadapi pencegahan bencana tahap awal dibentuk desa tangguh bencana yang difokuskan pada dua kecamatan, yakni Leitimur Selatan dan Nusaniwe, kemudian ditindaklanjuti ke dua kecamatan lainnya, “Tahun 2018 dilakukukan penambahan desa tangguh bencana yakni kelurahan Amantelu dan kelurahan Batu Meja. Penambahan desa atau kelurahan tangguh bencana bertujuan agar masyarakat dapat melakukan antisipasi dini, serta meminimalisir terjadinya kerugiaan saat bencana alam terjadi,” ujarnya.

Pays menambahkan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana ,untuk itu sebagai uoaya untuk mencegah terjadinya bencana Pemerintah dan masyarakat harus miliki rasa tanggung jawab bersama. “Upaya penanggulangan bencana, peran pemerintah sangat penting dan strategis ketika bencana terjadi di luar kemampuan masyarakat. Akan tetapi, jika bencana terjadi dapat ditanggulangi masyarakat, sudah sepatutnya masyarakat menjadi garda depan,” ujarnya.

Dijelaskannya, paradigma penyelenggaraan bencana menitikberatkan pada pencegahan dan kesiapsiagaan yang merupakan upaya membangun kesiapan masyarakat secara sistematis, terpadu, dan terkoordinasi. Oleh karena itu, kegiatan prabencana memiliki makna penting dan strategis karena sangat menentukan kemampuan dalam menghadapi bencana dan pascabencana, ungkapnya (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *