Wagub Minta BPSDM Berikan Pelatihan Bagi CPNS Sesuai Filosofi Daerah Asal

Wakil Gubernur Maluku Barnabas N Orno minta BKPSDM Maluku berikan pelatihan dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)

AMBON, PELAGANDONG.COM : Wakil Gubernur Maluku Barnabas N Orno minta BKPSDM Maluku berikan pelatihan dasar bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) sesuai dengan Daerah asal masing-masing ,ungkap Wagub saat membuka pelaksanaan Diklat Pelatihan Dasar CPNS Gelombang III angkatan III lingkup Kabupaten Maluku Barat Daya Tahun 2019 di BKPSDM ,Senin (13/04/2019).
Dalam sambutannya Orno menjelaskan kalau tujuan dasar pelaksanaan Diklat yang dilaksanakan adalah untuk pembentukan karakter dan pembentukan kompetensi teknis bidang etnis.

Menurutnya hari ini karakter PNS baru kabupaten MBD di bentuk karena mereka ini baru menjadi PNS di lingkup Kabupaten MBD dan belum tahu latar belakang dan filosofi membangun MBD Dalam kegiatan ini dasar harus lebih cenderung muatan lokalnya berupa filosofi yang diberikan karasteristik daerah sehingga bisa mengenal daerahnya.

Wagub menambahkan kalau PNS yang baru ini harus mengetahui filosofi membangun MBD, karena filosofi membangun MBD adalah Budaya dan Agama.

Di tempat yang sama kepala penyelenggara Suryadi Sabirin dalam laporan ketua penyelenggara menjelaskan kalau dasar pelaksanaan pelatihan dasar CPNS gelombang III adalah UUNomor 5 tahun 2014 tentang ASN. Selanjutnya berdasarkan PP no 11 tahun 2017 tentang managemen PNS, peraturan kepala LAN nomor 12 tahun 2018 tentang pelatihan CPNS .

Sementara itu tujuan pelaksanaan pelatihan dasar PNS menurutnya untuk membentuk PNS yang profesional yaitu PNS yang karakternya dibentuk oleh sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS dan pengetahuan tentang kedudukan dan peran PNS dalam NKRI ,serta menguasai bidang tugasnya sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan Masyarakat
Sabirin menambahkan saat ini yang mengikuti Diklat Pelatihan Dasar CPNS Gelombang III angkatan III sebanyak 125 CPNS yang terdiri dari 124 CPNS lingkup Kabupaten Maluku Barat Daya dan 1 CPNS dari Maluku tenggah ,pelatihan ini akan berlangsung selama 51 hari kerja dan dari tahun 2015-2019 saat ini BKPSDM capai 1556 PNS (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *