Kekurangan 15 Ribu Blanko e-KTP, DPRD Kota Ambon Datangi Kemendagri

AMBON,PG.COM : Minimnya ketersediaan blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP), terjadi di hampir semua daerah di Indonesia, termasuk Kota Ambon. Menyikapi hal ini, Komisi I DPRD Kota Ambon mendatangi Ditjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Jln pasar Minggu Jakarta selatan,Senin  (27/01/2020).

Para wakil rakyat ini ingin mendapatkan informasi langsung dari pusat terkait kendala yang dihadapi sehingga terjadi kekurangan blanko e-KTP ,begitu pula terkait solusinya.

Menariknya, pada kesempatan tersebut, rombongan Komisi I DPRD Kota Ambon yang di pimpin oleh Ketua Komisi I Zeth Pormes  mendapatkan penjelasan ladari Rara Yusnani Kasubid Wilayah 5 Ditjen Dukcapil Kemendagri.

“Maksud dan tujuan kedatangan kita ke  Kemendagri ini untuk menyampaikan aspirasi masyarakat secara langsung terkait kekurangan Blanko e-KTP ,kita ingin tahu kenapa hal ini bisa terjadi dan seperti apa solusinya dari pusat,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon Zeth Pormes dalam.kunjungan tersebut.

Menurut Politisi Golkar Sesuai kebutuhan Kota Ambon masih kekurangan Blanko e-KTP pada tahun 2019 sebanyak 9.000 dan hingga kini pada tahun 2020 telah bertambah menjadi  15.000 .

Pada kesempatan tersebut,Ditjen Dukcapil Kemendagri memastikan bahwa saat ini blanko e-KTP sudah disiapkan,blanko-blanko tersebut tinggal didistribusi ke daerah namun dari Kabupaten/Kota maupun Provinsi harus menyurati Kami dilengkapi dengan data-data yang jelas dan kengkap agar kami pun tauh beraoa banyak jumblah blanko e-KTP yang dibutuhkan.

“Sekarang di pusat,(blanko e-KTP) sudah disiapkan,tinggal sekarang secepatnya respon dari Capil Kota Ambon harus menyurati ke pusat,Jadi data yang sudah direkam di daerah sudah disiapkan blanko e-KTP-nya ”

Yusnani mengatakan banyak kebutuhan Blanko e-KTP yang harus kita distribusikan namun bertahap dan pasti kita penuhi sesuai dengan permintaan ,yang penting Disdukcapil Kota Ambon menyurati kami maka pihak kami pun langsung mendistribusikan banko e-KTP (PG-01).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *