Satu Warga Kota Ambon Positif Covid-19

AMBON,PG.COM : Satu warga Kota Ambon Positif Covid -19,pasien wanita berusia 74 tahun merupakan pelaku perjalanan (pp) dari makasar,hal ini diungkapkan Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan penanganan Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di Kantor Gubernur Maluku,Sabtu (4/4/2020).

diketahui tiba dari Makassar pada 14 Maret 2020 ,setelah tiba di Ambon, pasien tersebut mengeluh lemas-lemas dan tidak menunjukan gejala umum covid-19 dan dibawa ke dokter praktek untuk diperiksa.

“Pasien tersebut tidak menunjukan gejala-gejala covid-19, dan oleh dokter diperiksa menggunakan Rapid Tes,” pungkasyna.

Dari hasil pemeriksaan menggunakan Rapid tes ini terkonfirmasi Positif Covid-19 dan secara medik hasil tersebut juga harus dikonfirmasi.

Ia menambahkan pasien tersebut sejauh ini diberlakukan sama dengan pasien Positif, sambil menunggu spesimen yang sudah dikirimkan dari kemarin ke Labkes DKI Jakarta dan sampai saat ini pasien tersebut masih diisolasi di RS Dr Latumeten Ambon.

Di lokasi yang sama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Dr Meykal Pontoh menjelaskan rapid tes adalah pemeriksaan melalui darah untuk mendeteksi antibodi.

Ia menambahkan tingkat keakuratan Rapid Tes 80 persen masih bisa positif Covid-19 dan juga negatif, untuk itu harus diperkuat dengan Swab .

“Bisa positif palsu atau negatif palsu, kalau pemeriksaan spesimen di Labkes keakuratannya mencapai lebih dari 92 persen,” tegasnya.

Pontoh menambahkan, saat ini pihak kesehatan akan melakukan tracking terhadap keluarga pasien dan tracking sudah dilakukan oleh puskemas setempat,” ucapnya (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *