Dinas Perikanan Maluku,Dukungan Politeknik PK Bentuk SDM Handal

AMBON,PG.COM : Untuk mendukung Maluku Sebagai Lumbung Ikan Nasional (LIN), Maka Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi siap mendukung Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) Ambon untuk Bentuk SDM handal,demikian penjelasan Kadis Perikanan dan Kelautan Provinsi Abdul haris kepada pelagandong.com di Waiheru ,Senin (15/16/2020)

Menurutnya Pemerintah daerah Maluku lewat Dinas Perikanan dan kelautan akan memberikan dukungan kepada Politeknik perikanan Ambon.

Dijelaskan peningkatan status dari Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Waiheru menjadi Polteknik PK merupakan dukungan Pemda.

Ia menambahkan dengan kondisi daerah Maluku 92.4 persen laut, potensi sumber daya perikanan sekitar 4 juta ton/ tahun tentunya membutuhkan SDM yang tangguh disektor kelautan dan perikanan,ujarnya.

Untuk mewujudkan hal tersebut maka saat ini sudah ada peningkatan SUPM ke Politeknik dengan demikian pastinya akan ada dukungan pemerintah daerah.

Salah satu contoh dukungan Pemerintah menurutnya adalah dulu ada Balai benih Ikan Air Tawar ( BBIAT) yang saat ini sudah dihibahkan Pemda ke kementrian kelautan dan perikanan melalui Polteknik negeri .

Menurut Haris, dengan adanya hibah tersebut Poltek perikanan dapat mengembangkan sarana dan prasarana pendukung tersebut di lahan milik Pemda yang sudah dihibahkan

Bukan saja dukungan yang diberikan oleh pemda saja tetapi dukungan dari Dinas Kelautan dan Perikanan, yang mana banyak anak-anak pelaku-pelaku utama perikanan baik Nelayan, pambudidaya ingin bersekolah di Poltak Perikanan.

Pihaknya akan memberikan rekomendasi kepada Keinginan anak-anak tersebut untuk melanjutkan pendidikan di Poltek perikanan, namun disesuaikan dengan porsi.

,”Itu kan ada Porsi, porsi sekian persen untuk umum, sekian persen untuk anak pelaku-pelaku utama perikanan, kita akan memberikan rekomendasi, terutama lulusan SUPM yang punya prestasi,”ujarnya.

Ia menambahkan kedepan nantinya akan menyampaikan ke Gubernur Maluku kalau memamg dibutuhkan sekolah yang sama SUPM maka akan disampaikan ke Gubernur,ujarnya (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *