Mulai Senin , Masyarakat Kota Ambon Bisa Cetak Akte dan KK Sendiri

AMBON, PG. COM : Mulai hari senin 3 Agustus 2020, Masyarakat Kota Ambon bisa mencetak sendiri Kartu Keluarga (KK), akte kelahiran, dan akte kematian dari rumah dengan menggunakan kertas HVS standar ukuran A4 warna putih 80 gram.

“Hal ini mulai diberlakukan pada 3 Agustus 2020,” ujar Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Ambon Selly Haurissa kepada Pela gandong. Com di ruang kerjanya,Kamis (30/07/2020).

Selanjutnya, pemohon dapat mencetak secara mandiri berdasarkan kode PIN/barcode yang dikirimkan melalui handphone (HP) atau email aktif,bahkan layanan Dukcapil kini sudah merambah aplikasi mobile yang bisa diunduh di Playstore

“Semua layanan Dukcapil semakin mudah,di masa COVID-19 ini Dukcapil menyediakan layanan online sehingga semua layanan dokumen kependudukan bisa dikirimkan langsung ke warga dalam bentuk file PDF lewat smartphone atau email,” kata Haurissa.

Menurut Haurissa dalam rangka meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil bagi masyarakat serta dengan memperhatikan beberapa perubahan ketentuan perundang-undangan terkait admistrasi kependudukan antara lain Undang-Undang No. 24 Tahun 2013 tentang, Perubahan Undnag-Undang No. 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Kemudian , Peraturan Presiden No. 96 Tahun 2018 tentang, Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, Peraturan Mendagri No. 109 tahun 2019 tentang, Pendokumentasian Administrasi Kependudukan dan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 104 Tahun 2019  tantang, Formulir dan Buku yang digunakan dalam Admimistrasi Kependudukan.

“Maka, berkaitan dengan hal diatas, bersama ini kami sampaikan Dokumen Kartu Keluarga (KK), KTP elektonik (KTP-el), Akta Pencatatan Sipil dan dokumen kependudukan yang lainnya yang telah menggunakan Format Digital dan Tanda Tangan Elektronik (TTE) tidak lagi memerlukan legalisir,” katanya.

Haurissa menambahkan, pihaknya akan mensosialisasikan hal ini kepada Masyarakat,sehingga semua Masyarakat dapat mengetahui Pembuatan akte dan KK bisa dari Rumah, pungkasnya. (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *