Pulihkan Ekonomi, KKP Salurkan Bantuan dI Negeri Hukurila

AMBON, PG.COM : Sebagai bagian dari upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pendayaguna pesisir dan Pulau-pulau kecil menyalurkan bantuan kepada Negeri Adat Hukurila Kecamatan Leitimur Selatan.

“Sesuai dengan Proposal yang kami terima dari Negeri Hukurila sejak tahun 2019, dan di saat ini baru Kami merealisasikan sesuai dengan permintaan dan Kebutuhan yang di ajukan kepada Kami” demikian penjelasan pelaksana penyaluran bantuan ,Dirjen Pendayaguna pesisir dan Pulau-pulau kecil KKP Boda Bonar kepada Media ini,di Kantor Negeri Hukurila, Jumat (03/09/2019).

Bonar mengatakan hari ini pihaknya memberikan bantuan berdasarkan proposal dari negeri Hukurilla yaitu Tifa, life jacket, center laut, GPS, baju Jujaro Mungare, dan tombak. artinya semua pemberian pihaknya itu berdasarkan proposal dari negeri Hukurilla yang untuk mendukung adat disini dalam rangka menjaga ekosistem laut.

Dirinya menambahkan Masyarakat Negeri Hukurilla harus menjaga dan melindunggi kelestarian adat istiadat serta potensi-potensi yang ada.

“Jadi untuk bantuan ini memang bukan sampai di sini karena tujuan dari bantuan ini untuk memandirikan, memandirikan masyarakat hukum adat. Jadi tidak pada bantuan ini saja mereka juga bisa meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga masing-masing,”Ungkapnya.

Ia berharap masyarakat tidak lagi mengharapkan bantuan pemerintah atau bantuan dari tempat lain.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ambon, Steiven B Patty mengatakan Berdasarkan Peraturan Peraturan Walikota (Perwali) Kota Ambon Nomor 21 Tahun 2019 tentang

Hukum Adat dan Kearifan Lokal Dalam Perlindungan dan Pengelolaan Sumber Daya Laut di Negeri Hukurila

Dari 22 Negeri yang ada di Kota Ambon,hanya Negeri Hukurila yang baru di tetapkan sebagai Negeri ada yang memiliki Perwali,berdasarkan perwali inilah yang menjadi Perhatian Pemerintah Pusat sehingga Negeri Hukurila bisa mendapat bantuan

Melalui Bantuan tersebut dapat mengimplementasikan untuk melestarikan pranata adat dan juga dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat di Negeri Hukurila.

Dalam kesempatan yang sama, Raja Hukurila John J Marthen menjelaskan setelah Negeri Hukurilla ditetapkan oleh pemerintah Kota Ambon sebagai masyarakat suku adat dan telah memilk peraturan Walikota itu nomor 21 tahun 2019,maka kita langsung membuat proposal ke Kementerian Kelautan dan Perikanan dengan demikian kita tekah dibantu sudah kedua kalinya.

Tahap pertama itu untuk pakaian adat untuk acara cuci negeri dengan semua peralatan, dan di tahap kedua ini juga kami terima perkengkapan adat untuk acara terima tamu secara adat juga Kementerian kelautan jadi mereka juga membantu kelompok nelayan.

Marthen tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kepala Pemerintah Kota Ambon dalam hal ini Bapak Walikota Ambon dan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ambon yang telah menetapkan Perwali sehingga, Negeri kami tercinta mendapat perhatian dari Pemerintah pusat,dan ucapan terima kasih juga kepada kementerian telah membantu kita selama ini.

Dirinya berharap hubungan kerjasama ini jngan hanya sampai di sini namun akan terus berkelanjutan (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *