Plh Sekda Maluku Resmi Masjid Al-Ikhlas Hamid BSA

AMBON,PG.COM : Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Maluku Sadali Ie, menandatangani prasasti sebagai tanda diresmikannya Masjid Al-Ikhlas Hamid BSA di Mendes, Negeri Laha, Kecamatan Teluk Ambon, Minggu (24/10/2021).

Penandatanganan tersebut, disaksikan Kepala Dinas Sosial Provinsi Maluku Sartono Pining, Wakil Walikota Ambon Syarief Hadler, Sekretaris Negeri Laha Fahmi Mewar, Ketua Yayasan Ar-Rahmah Ambon Habib Rifqi Al-Hamid, Dr. Sofyan Umarella dan Imam Masjid Usman Laturua. Sedangkan pemancangan Tiang Alif Masjid, dilakukan Dr. Sofyan Umarella.

Usai pemancangan Tiang Alif, PLh Sekda Sadali Ie, kemudian memasang Kubah Masjid yang disaksikan Kepala Tukang (Ketua Pembangunan Masjid) Ismail Liliwana dan lainnya.

Masjid Al-Ikhlas Hamid BSA, awalnya merupakan sebuah Mushollah bernama Al-Ikhlas. Namun direhab menjadi Masjid atas permintaan Dr. Sofyan Umarella kepada Usman Laturua yang saat itu menjadi Imam Mushollah.

Dalam sambutannya, Sekda mengutip Surat Al-Maidah ayat 12. Ia mengingatkan kepada umat Islamagar senantiasa tolong menolong dalam kebaikan dan ketakwaan kapada Allah SWT. Dan salah satu ketakwaan tersebut adalah keterlibatan seluruh umat dalam meluangkan pikiran, tenaga dan waktu dalam membangun Masjid sebagai tempat ibadah.

“Serta mengisinya dengan kegiatan keagamaan yang Insya Allah akan mendapatkan pahala serta keridhoaan dari Allah SWT,” kata Sekda mengingatkan.

Sekda, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Maluku ini, lalu menyampaikan empat pesan penting. Pertama, fungsi Masjid tidak hanya dapat dilihat dari intensitas penggunaannya bagi pelaksanaan ibadah semata. Akan tetapi fungsi Masjid dalam konteks pemberdayaan.

“Pesan kedua, saya mengajak umat Islam di Negeri Laha, khususnya pengurus beserta jamaah untuk meningkatkan peran Masjid bagi kehidupan umat,” ajak Sekda.

Ketiga, lanjut Sekda, program kerja pengurus Masjid, tidak hanya terpaku pada kegiatan rutin pelaksanaan ibadah tetapi harus diperluas dengan memiliki makna seperti membangun yayasan Masjid. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan umat di Negeri Laha dan sekitarnya.

“Pesan keempat adalah, kepada jamaah agar memanfaatkan dan menggunakan Masjid ini dengan baik. Jangan disia-siakan keberadaannya. Mari kita memakmurkan Masjid ini, dengan sholat berjamaah setiap waktu,” tutur Sekda.

Kegiatan peresmian ini dihadiri tokoh agama/masyarakat dan pemuda Mendes Negeri Laha, para pengurus Masjid Al-Ikhlas Hamid BSA, organisasi Bikers Subuhan Kota Ambon dan undangan lainnya. (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *