Kodam XVI/ Pattimura Gelar Sholat Idul Adha Bersama dan Pemotongan Hewan Kurban

AMBON,PG.COM : Hari Raya Idul Adha 1443 H yang jatuh pada Minggu (10/07/2022) turut dirayakan oleh keluarga besar Kodam XVI/ Pattimura bersama masyarakat. Bertempat di Masjid Al- Ijtihad, Kodam XVI/ Pattimura Kota Ambon menggelar sholat Ied bersama.

Setelah selesai melaksanakan sholat Ied kemudian dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Adapun jumlah hewan kurban hari ini sebanyak 9 ekor sapi dan 4 ekor kambing yang berasal dari Pangdam dan pejabat- pejabat Kodam maupun warga masyarakat yang dititipkan kepada panitia kurban Kodam.

Dalam amanat Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Richard Tampubolon yang dibacakan oleh Kasdam, Brigjen TNI Asep Abdurachman, kegiatan Sholat Idul Adha bersama dan pemotongan hewan kurban ini sebagai sarana silaturahmi kepada masyarakat. “Marilah kita jadikan Idul Adha 1443 H ini sebagai momentum mempererat silaturahmi dan berbagi kepada masyarakat” kata Kasdam.

Lebih lanjut, Kasdam berpesan agar seluruh keluarga besar Kodam XVI/ Pattimura memaknai Idul Adha. Idul Adha dimaknai sebagai konteks untuk taat kepada orang tua dalam berbagai hal selama tidak bertentangan dengan norma-norma yang ada.

Mengawali pemotongan hewan kurban, Kasdam menyerahkan secara resmi satu ekor sapi secara simbolik kepada k
Ketua panitia kurban, Kolonel Inf Jocky Pesulima, Kabintaljarahdam untuk dilakukan penyembelihan. Kemudian Kasdam juga menyerahkan satu ekor sapi kurban kepada pihak MUI Maluku dan diterima oleh Ustad Abdul Manan Latuconsina, Sekretaris MUI Maluku.

Kapendam XVI/ Pattimura, Kolonel Arh Adi Prayogo mengatakan, setelah dipotong, daging hewan kurban ini nantinya akan dibagikan ke sejumlah tempat. “Yang menerima daging hewan kurban adalah masyarakat sekitar masjid, masyarakat yang kurang mampu, masyarakat dari beberapa wilayah di Kota Ambon, dan beberapa pondok pesantren. Totalnya ada lebih dari 1000 orang” jelasnya.

Kegiatan Sholat Id dan pemotongan hewan kurban ini turut dihadiri oleh Kasdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Asep Abdurachman, Irdam XVI/ Pattimura, Brigjen TNI Muhamad Muchidin dan para pejabat Kodam XVI/ Pattimura. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *