Kodam XVI/Pattimura Tampilakan Sukun Mutiara di Pameran Silatnas PPAD 2022

AMBON,PG.COM : Kodam XVI/ Pattimura menampilkan Sukun Mutiara Pattimura sebagai salah satu UMKM unggulan Kodam di Pameran Silaturahmi Nasional (SilatNas) Persatuan Purnawirawan TNI AD (PPAD) di Sentul International Convention Center, Bogor, Jumat (05/08/2022).

Dalam moment tersebut,Kodam XVI/ Pattimura turut berpartisipasi mengirimkan kontingen untuk mengikuti pameran, dengan menggandeng Universitas Pattimura, PPAD Provinsi Maluku dan MIND ID .

Pangdam XVI/ Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, S.E., M.M. hadir, dan turut meninjau langsung _booth_ milik Kodam XVI/Pattimura dan menyampaikan rasa bangganya.

“Potensi yang dimiliki alam Maluku begitu luar biasa, dengan adanya Silatnas PPAD 2022 ini kami Kodam XVI/ Pattimura menggandeng pihak- pihak terkait bersama memaksimalkan potensi alam yang berlimpah bertujuan sebagai usaha ketahanan pangan, untuk hasilnya kami tampilkan dalam pameran ini” kata Pangdam di sela- sela acara.

Kontingen Kodam XVI/ Pattimura meliputi Kolonel Arh GTH Hasto Respatyo, Prof. Dr. Ir. Rohny S. Maail, S.Hut, M.Si., IPU, Serka (Purn) Lilipaly dan Mayor Inf Oma.

Kolonel Arh GTH Hasto Respatyo yang hadir dalam acara tersebut mengatakan materi yang diangkat dalam pameran mengenai pengembangan sukun premium Maluku dengan program satu juta bibit, padi unggul B-1000, pupuk Mutiara Pattimura dan Madu Benteng Victoria.

“Bibit buah Sukun ini berasal dari desa Tengah- Tengah dan desa Tulehu, Salahutu, Maluku Tengah, desa Latuhalat, Nusaniwe, Ambon dan desa Piru, Seram Bagian Barat.

Kedepannya sejuta bibit pohon Sukun diharapkan bisa membantu rakyat dalam menghadapi krisis ancaman pangan, yang dapat diolah menjadi berbagai macam menu makanan” ujarnya.

Ia juga mengatakan optimis untuk setahun kedepan sudah selesai dan terdistribusi semua.

“Tak hanya sebagai salah satu upaya mengatasi krisis pangan, namun pemberdayaan pohon Sukun ini agar memaksmialkan potensi Sukun yang selama ini pengelolaannya masih belum maksimal. Satu juta bibit ini diharapkan tuntas dalam waktu satu tahun, atau sekitar bulan Juli 2023” imbuhnya.

Sementara itu ,Ketua Umum PPAD, Letjen TNI (Purn) Doni Monardo mengatakan, tema besar Silatnas dan hari ulang tahun ke-19 PPAD adalah mendukung program pemerintah serta berperan aktif menciptakan lapangan kerja dalam rangka mengantisipasi krisis pangan dan energi.

Silatnas PPAD 2022 ini dimeriahkan pameran dan bazar yang melibatkan sekitar 40 UMKM yang dikelola purnawirawan dan warakawuri, dengan memamerkan bibit sukun, berbagai olahan makanan, dan padi unggul B-1000 pulau Buru yang hasil per 1 hektarnya mencapai 14 hingga 20 ton.

Silatnas PPAD 2022 yang dibuka oleh Presiden RI, Joko Widodo ini turut dihadiri oleh Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, Menteri BUMN, Erik Thohir, dan Sekretaris Kabinet Indonesia, Pramono Anung yang sempat mampir melihat _booth_ milik Kodam XVI/ Pattimura.Tak hanya pejabat negara, namun acara Silatnas PPAD juga turut mengundang para Danrem dan Pangdam selaku pembina PPAD di tingkat daerah. (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *