Dorong UMKM Siap Digital, BI Gelar Program On Boarding UMKM

AMBON,PG.COM : Sebagai bagian dari upaya meningkatkan kapasitas UMKM di Provinsi Maluku di era digital, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku (BI) menggelar kegiatan Boothcamp On Boarding (OBOR) UMKM.

Kegiatan yang berlangsung pada 29-30 Agustus 2022 di Swiss-Belhotel Ambon ini merupakan puncak dari rangkaian dari kegiatan OBOR UMKM KPw BI Provinsi Maluku tahun 2022.

Rangkaian kegiatan OBOR UMKM telah berlangsung sejak Juli 2022 ini awalnya diikuti oleh 117 UMKM dari berbagai daerah di Provinsi Maluku. Setelah melalui berbagai kegiatan webinar dan kurasi produk, terpilih 20 UMKM yang dinyatakan siap untuk mengikuti tahapan boothcamp ini.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku, M Lukman Hakim dalam sambutannya pada pembukaan boothcamp OBOR UMKM menyampaikan.

“Menghadapi tantangan di era digital saat ini, Bank Indonesia berupaya untuk terus mendorong UMKM untuk dapat naik kelas dengan mengoptimalkan berbagai platform online guna meningkatkan kinerjanya. Untuk itu, program ini akan memberikan edukasi baik dari sisi teori maupun praktek dari para fasilitator yang ahli di bidang digitalisasi UMKM serta memfasilitasi UMKM agar lebih optimal dalam melakukan proses on boarding pada platform online yang sesuai dengan kebutuhannya.”

Program OBOR UMKM ini juga secara khusus merupakan bentuk dukungan Bank Indonesia terhadap Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah diluncurkan sejak 2020 lalu. Sejalan dengan semangat Gernas BBI, penguatan kapasitas dan kualitas UMKM harus terus didorong, khususnya di era digital saat ini. UMKM yang siap digital akan memiliki peluang yang lebih besar untuk lebih dikenal dan menjangkau pasar yang lebih luas.

Dengan demikian, tujuan Gernas BBI untuk mendorong masyarakat Indonesia semakin bangga dengan membeli, menggunakan dan mengkonsumsi, serta mempromosikan produk-produk UMKM akan dapat dilengkapi dengan kapasitas dan kualitas UMKM yang semakin baik lagi ke depannya (PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *