Wenno : Sebagai Bapak Masyarakat Maluku Gubernur Harus Mendamaikan

AMBON,PG.COM : Wakil Ketua Komisi I DPRD Maluku, Jantje Wenno meminta Gubernur selaku bapak Masyarakat Maluku Gubernur Harus mendamaikan polemik sosial yang terjadi di negeri Kariu.

Menurutnya, saat ini rakyat mengharapkan Gubernur memberikan pernyataan, bahkan kalau bisa hadir langsung ditengah-tengah masyarakat Kariu dan Pelauw.

“Kalau soal Gubernur yang memilih bungkam silahkan langsung tanyakan ke Gubernur dalam menyikapi persiapan Kariu. Itukan kan pertanyaan rakyat dan pertanyaan kami anggota DPRD,” tandasnya.

Sebagai bapak dari masyarakat Maluku, menurut Wenno Gubernur harus memberikan seruan damai, bila perlu langsung ke lokasi bertemu dengan masyarakat Kariu dan Pelauw.

“Beliau kan bapak bagi masyarakat Maluku, harus kesana meredam masyarakat pelauw, membangun dialog komunikasi apa yang dikehendaki masyarakat pelauw sehingga proses perdamaian ini bisa berlanjut,”

“Yang Pastinya saya minta Gubernur turun kesana membangun komunikasi dengan masyarakat pelauw supaya mereka bisa merajut perdamaian dengan masyarakat Kariu, agar mereka bisa kembali,”sambungnya.

Wenno mengakui telah berkoordinasi dengan Kapolresta Ambon dan Kapolda Maluku terhadap polemik yang terjadi di Kariu.

“Dari hasil koordinasi, Kapolda dan Kapolresta Ambon berjanji akan terus berupaya mengatasi polemik yang terjadi secara baik,” ucapnya.

Disingung pembakaran rumah milik warga Kariu karena ada unsur pembiaran, padahal telah dikerahkan 600 personil ke lokasi, politisi Perindo itu mengaku tidak melihat hal itu karena masih ditangani aparat keamanan.

“Masa menolak kan banyak, jadi tentu penanganan masa seperti itu ada prosedurnya, bukan aparat langsung tembak, bukan seperti itu tetapi harus persuasi dengan masyarakat menolak,” ucapnya.

Wenno menghimbau Kepada masyarakat Pelauw untuk menahan diri, dan bisa membangun sebuah proses perdamaian dengan basudara Kariu sehingga bisa hidup berdampingan secara damai.

Wakil Ketua DPRD Maluku, Azis Sangkala meminta Pemerintah Daerah (Pemda) baik Provinsi Maluku maupun Kabupaten Maluku Tengah, serta aparat TNI/Polri untuk melakukan persuasi jelang pemulangan pengungsi Warga Kariu ke negeri asalnya.

“Pemda Maluku dan Maluku Tengah dan Aparat keamanan mengkonsolidasikan semua pihak agar proses ini bisa berjalan dengan baik,”pinta Sangkala kepada wartawan diruang kerjanya, Senin (19/12/2022).

Menurutnya, upaya konsolidasi perlu dilakukan secepatnya, sehingga gejolak yang terjadi saat pemulangan warga Kariu tidak semakin membesar, yang pada akhirnya upaya damai yang telah disepakati menjadi sia-sia.

“Saya harap Pemda Provinsi Maluku dan Pemda Maluku Tengah bersama aparat keamanan TNI/Polri untuk membuka komunikasi dengan semua pihak agar masalah ini bisa terselesaikan dengan baik,” tandasnya.

Sementara Raja Pelauw Rasyad Effendi Latucosina dikonfirmasi mengenai hal ini juga memilih diam.

Rasyad yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Maluku ketika ditanya wartawan hanya berjalan ke mobil dinas tanpa sepata kata.(PG-02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *