BPBD Maluku Gencar Sosialisasi Mitigasi Bencana

AMBON,PG.COM : Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Maluku terus menggencarkan sosialisasi mitigasi bencana kepada Masyarakat,hal ini dilakukan menyusul seringnya terjadi bencana alam akhir-akhir ini.

“Kami memandang perlu untuk menggencarkan sosialisasi ini, mengingat saat ini banyak bencana alam terjadi di sekitar kita,” kata  Kepala BPBD Maluku Farida Salampessy di Gereja Sumber sejahtera, Minggu  (22/11/2019).

Ia menjelaskan, jenis bencana alam  antara lain, banjir, angin kencang, dan angin puting beliung,dalam dua bulan ini telah terjadi Gempa bumi di Maluku

Menurut Salampessy, upaya mengurangi risiko bencana alam perlu dipahami semua elemen masyaraka.sehingga apabila terjadi bencana alam, dampak risiko bisa di hindari.

Dalam sosialisasi tersebut gandeng Peneliti Geofisika Ryan dari Pusat Penelitian Laut Dalam (P2LD) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ambon memberikan sosialisasi tentang kegempaan kepada BMKG

BPBD Maluku bersama kedua lembaga itu  LIPI dan BMKG menggelar sosialisasi kepada warga sekaligus ibadah Minggu , ditiga lokasi yang berada di Negeri Suli, yaitu di Gereja Sumber sejahtera di BTN Waitatiri,Gereja Sumber Kasih di Jemaat Suli bawah dan Gereja darurat  pengungsi Banda di Suli atas Pulau Ambon, kecamatan Salahutu, Maluku Tengah,

Sementara Itu Ketua Majelis jemaat Gidion Pendeta J Rusell mengapresiasi sosialisasi yang dilakukan BPBD bersama LIPI Ambon, sebagai salah satu upaya meredam ketakutan dan trauma warga akibat gempabumi yang hingga kini masih dirasakan guncangannya.

“Walaupun guncangan gempanya sudah dalam skala kecil, tetapi setidaknya mempengaruhi kondisi psikologi masyarakat. Karena itu sosialisasi seperti ini perlu terus ditingkatkan dan menjangkau seluruh komponen masyarakat, terutama di daerah-daerah terdampak,” katanya (PG-02).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *