Walikota Ambon Lantik Raja Nusaniwe

AMBON, PG. COM : Walikota Ambon Richard Louhenapessy, melantik Raja Negeri Nusaniwe Gunther de Soysa S.Pt, Periode 2020-2026 di Balai Kota Ambon ,Selasa (01/09/2020)

Dalam sambutannya, Walikota Ambon mengatakan, walaupun saat ini pandemi covid-19 masih melanda dunia, khususnya Kota Ambon, tapi Tuhan masih memberikan kesempatan untuk melantik raja negeri Nusaniwe.
“Tugas dan tanggung jawab seorang raja sangat penting, baik sebagai Kepala Pemerintahan maupun sebagai Kepala adat yang ada di suatu negeri. Oleh karena itu kehadiran seorang raja definitif sangat diharapkan dalam mengelola pemerintahan dinegeri ataupun di desa,”ujarnya.

Walikota mengingatkan, pelantikan ini telah melalui proses yang cukup lama. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Ambon mempedomani semua kebijakan-kebijakan penyelenggara pemerintah berdasarkan peraturan daerah,terutama peraturan daerah yang memproteksi kearifan lokal.

“Negeri adat di kota Ambon ada 22. Kota Ambon adalah ibu kota provinsi yang cukup unik karena memiliki tiga teritorial, diantaranya Kelurahan yang diangkat dan diberhentikan oleh Walikota,Kepala Desa yang dipilih oleh Masyarakat,tetapi dilantik oleh Walikota, dan raja adalah semua representasi dari komunitas-komunitas ada yang ada kota Ambon,”terangnya.

Louhenapessy berharap, bagi negeri yang sampai sekarang belum ada kesepakatan tentang raja, idealnya harus ada penyelesaian secara yuridis di PTUN, agar tidak menggangu proses selanjutnya, dengan harapan agar seluruh kepentingan masyarakat dapat berjalan secara baik.
Proses pelantikan dihadiri oleh sejumlah pimpinan OPD, keluarga, saksi dan rohaniawan serta tetap menjalankan protokoler kesehatan.(PG -02)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *